Dengar dari Bosnya Langsung, Hamas: Janji, Kami Haram Ambil Dana Rekonstruksi Gaza

Dengar dari Bosnya Langsung, Hamas: Janji, Kami Haram Ambil Dana Rekonstruksi Gaza Kredit Foto: AP Photo/Adel Hana

Pemimpin Hamas, Yahya Sinwar, mengatakan bahwa dia mengharapkan terobosan besar dalam kondisi kemanusiaan dan ekonomi di wilayah Gaza. Hal ini disampaikan Sinwar dalam pertemuan dengan para akademisi di wilayah Gaza.

"Terobosan ini akan dirasakan rakyat Gaza pada tingkat kemanusiaan, kehidupan, dan keuangan," kata Sinwar, dilansir Anadolu Agency.

Baca Juga: Hamas Kencang Kumandangkan Gak Akan Tunduk ke Israel Sampai...

Sinwar menyatakan optimisme bahwa bantuan itu akan meringankan penderitaan rakyat Palestina di Gaza. Bantuan tersebut juga dapat membangun kembali wilayah dan perekonomian Gaza.

Sinwar juga berjanji untuk tidak menghalangi rekonstruksi di wilayah Gaza. Dia menekankan bahwa Hamas tidak akan mengambil sepeser pun dana yang digunakan untuk rekonstruksi.

"Kami tidak akan menghalangi jalan rekonstruksi Gaza, dan kami tidak akan mengambil dari dana rekonstruksi untuk kepentingan perlawanan. Kami akan tertarik untuk memfasilitasi tugas-tugas rekonstruksi dan menghidupkan kembali perekonomian," kata Sinwar.

Sebelumnya, Israel dan Hamas terlibat pertempuran selama 11 hari sejak 10 Mei lalu. Kedua belah pihak kemudian melakukan genncatan senjata yang ditengahi oleh Mesir, dan ymulai berlaku pada 21 Mei.

Serangan Israel di Gaza dan Tepi Barat sejak pertengahan April menewaskan sedikitnya 289 orang, termasuk wanita dan anak-anak, dan meninggalkan jejak kehancuran. Pusat kesehatan dan kantor media, serta sekolah, termasuk di antara bangunan yang menjadi sasaran. 

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini