Apa Itu Manajemen Krisis?

Apa Itu Manajemen Krisis? Kredit Foto: Unsplash/Nik Shuliahin

Manajemen krisis adalah proses mengidentifikasi ancaman yang dapat merugikan organisasi atau perusahaan dari sebuah peristiwa besar yang sedang terjadi. Ada tiga elemen yang paling umum untuk mendefinisi krisis: ancaman bagi organisasi, unsur kejutan, dan keputusan waktu singkat

Manajemen krisis berurusan dengan ancaman yang telah terjadi sehingga dibutuhkan sebuah keterampilan teknis untuk mengidentifikasi, menilai, memahami, dan mengatasi situasi yang serius, terutama dari saat pertama kali terjadi sampai ke titik pemulihan kembali. Manajemen krisis diperlukan untuk menekan faktor ketidakpastian dan faktor risiko hingga tingkat serendah mungkin.

Baca Juga: Apa Itu Manajemen?

Sebagai contoh krisis COVID-19 yang dimulai pada awal tahun 2020 membuat bisnis di seluruh dunia terpaksa tutup. Jutaan karyawan dipulangkan. Layanan penting berjuang untuk berfungsi. Sejarah akan menilai manajemen mereka pada akhirnya sesuai dengan keterampilan manajemen krisis mereka. Bisnis apa pun, besar atau kecil, dapat mengalami masalah yang berdampak negatif pada operasi normalnya.

Meskipun bisnis mungkin melambat untuk waktu yang singkat, operasi tidak akan sepenuhnya dihentikan. Dengan memiliki resolusi krisis, perusahaan dan pemangku kepentingannya dapat mempersiapkan dan beradaptasi dengan perkembangan yang tidak terduga dan merugikan.

Tujuan dari manajemen krisis adalah untuk mempersiapkan diri dengan baik menghadapi krisis, memastikan respon yang cepat dan memadai terhadap krisis, menjaga jalur pelaporan dan komunikasi yang jelas jika terjadi krisis dan menyetujui aturan untuk penghentian krisis.

Teknik manajemen krisis mencakup sejumlah langkah konsekuen dari pemahaman pengaruh krisis pada korporasi untuk mencegah, mengurangi, dan mengatasi berbagai jenis krisis.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini