Resmi Damai, Kookmin dan Bosowa Bikin 6 Kesepakatan Ini untuk Dukung Masa Depan KB Bukopin

Resmi Damai, Kookmin dan Bosowa Bikin 6 Kesepakatan Ini untuk Dukung Masa Depan KB Bukopin Kredit Foto: KB Bukopin

KB Kookmin Bank (KB) dan Bosowa Corporindo (Bosowa) resmi menandatangani kesepakatan mengenai PT Bank KB Bukopin Tbk yang disampaikan melalui joint statement pada Senin (7/6/2021).

Kesepakatan antara kedua pemegang saham terbesar di Bank KB Bukopin ini dilakukan untuk mendukung proses normalisasi serta pertumbuhan Bank Bukopin di masa yang akan datang.

Baca Juga: Komitmen KB Kookmin Bank dan Bosowa Corporindo Majukan KB Bukopin

"Kami sudah melakukan diskusi dengan Bosowa dari Februari dan akhirnya resmi menandatangani kesepakatan hari ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih karena sudah memercayai KB untuk bisa melakukan normalisasi dan transformasi Bank KB Bukopin," ujar Managing Director Global Business KB Kookmin Bank Cho Nam Hoon saat konferensi pers di Jakarta.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bosowa Corporindo Rudyantho menyampaikan Bosowa akan berkomitmen memberikan dukungan penuh pada peningkatan tata kelola KB Bukopin demi terwujudnya normalisasi bank tersebut.

Adapun kesepakatan pada join statement antara KB dan Bosowa meliputi enam hal.

Pertama, KB dan Bosowa sepakat menyelesaikan kesalahpahaman di masa lalu dan fokus mengembangkan hubungan yang berorientasi pada kerja sama di masa depan.

Kedua, KB dan Bosowa sepakat memprioritaskan proses normalisasi Bank KB Bukopin. Dengan ini, keduanya saling mencabut tuntutan satu sama lain dan sepakat tidak akan melakukan tuntutan hukum dalam bentuk apapun yang akan mengganggu normalisasi Bank KB Bukopin di kemudian hari.

Ketiga, KB berkomitmen untuk memulihkan kepercayaan nasabah serta meningkatkan nilai perusahaan Bank KB Bukopin. Sedangkan Bosowa berkomitmen mendukung penuh tata kelola serta hubungan eksternal Bank KB Bukopin.

Keempat, KB memberikan pengakuan dan rasa hormat kepada Bosowa sebagai mitra bisnis dan pemegang saham terbesar kedua Bank KB Bukopin. Di sisi sebaliknya, Bosowa mengakui KB sebagai pemegang saham utama sekaligus pemegang saham pengendali Bank KB Bukopin.

Kelima, KB dan Bosowa sepakat untuk meningkatkan kerja sama aktif dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi saat proses pengembangan Bank KB Bukopin. Misalnya, terkait penambahan modal, deposito, NPL, dll.

Keenam, KB dan Bosowa sepakat untuk bersama-sama memperkuat komunikasi dan kerja sama yang erat dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam usaha pelaksanaan rencana normalisasi Bank KB Bukopin.

President Director Bank KB Bukopin Rivan A. Purwantono menambahkan Bukopin akan tetap fokus menjalankan transformasi yang telah berlangsung sejak September 2020. Selain itu, bisnis Bank KB Bukopin akan tetap fokus pada retail, UMKM, dan nasabah.

"Kami berharap Bank KB Bukopin bisa menjadi 10 besar bank nasional. Kami juga akan mengedepankan orientasi kami menjadikan Bank KB Bukopin menjadi bank global," tutur Rivan.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini