Sandiaga: Desa Wisata Harus Inovatif di Masa Pandemi

Sandiaga: Desa Wisata Harus Inovatif di Masa Pandemi Kredit Foto: Kemenparekraf

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)  mendorong desa wisata berinovasi menciptakan konten-konten menarik. Tujuannya untuk mengangkat wajah dan keunggulan desa yang dapat dijual dalam satu paket wisata yang unik dan menarik.

“Kebangkitan pariwisata ini dimulai dari desa wisata. Dan kami ingin desa wisata hadir membuka peluang usaha, peluang ekonomi dan membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat sosialisasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 (ADWI 2021) di Desa Pentingsari, Sleman, Yogyakarta belum lama ini.

Baca Juga: Sandiaga Turunkan Target Devisa Pariwisata 2021

Desa wisata kata Sandiaga menjadi andalan pemerintah dalam mendongkrak pariwisata di masa pandemi Covid-19. Melalui desa wisata ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Desa Wisata Pentingsari, Sleman, terletak berada di lereng Gunung Merapi, berjarak kurang lebih 22,5 kilo meter dari pusat Kota Yogyakarta.  Berada di dalam kawasan wisata Taman Nasional Gunung  Merapi (TNGM) membuat masyarakat desa bergegas mencari keunikan lain dan tidak hanya mengandalkan lokasi wisata.

Dengan melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya, seperti bertani, aktivitas kehidupan bersosialisasi di pedesaan dengan keramah tamahannya,  kebudayaan dan kesenian tradisional yang masih terjaga, serta makanan khas desa.

Hal itu yang menarik para wisatawan untuk berkunjung, bahkan tidak sedikit juga yang menginap di homestay rumah-rumah warga dengan suasana pedesaannya yang terbilang masih sangat kental dan menjadikan pengalaman tersendiri bagi wisatawan dengan langsung berinteraksi dengan warga di desa ini.

Desa ini dikenal dimancanegara sebagai salah satu desa wisata dengan segudang penghargaan. Mulaidari Indonesia Suistainable Tourism Awards (ISTA) 2017 dalam kategori ekonomi, sampai100 Top destinasi pariwisata berkelanjutan di dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD) 2019.

Desa Wisata Pentingsari memiliki berbagai daya tarik wisata, seperti pertunjukkan seni tari punokawan, permainan musik tradisional gamelan, seni batik, kuliner tempe dan jamur serta produk UMKM berupa kopi. Ada juga aktivitas berupa seni Wayang Suket.

Selain itu ada juga aktifitas unggulan lainnya yang memacu adrenalin berupa pengalaman menaiki Jeep menyusuri sungai.

ADWI 2021 merupakan salah satu program unggulan Kemenparekraf untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia yang terdampak oleh pandemi Covid-19

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini