Pascaserangan Militer, Ilmuwan Rudal Israel Dilaporkan Meregang Nyawa

Pascaserangan Militer, Ilmuwan Rudal Israel Dilaporkan Meregang Nyawa Kredit Foto: Instagram/timesofisrael

Mantan Kepala Program Antariksa yang juga ilmuwan rudal rezim Zionis Israel, Avi Har-Even meninggal dunia. Beberapa pekan sebelumnya, dia mengalami luka-luka akibat kerusuhan warga Arab dan Yahudi di Akka, wilayah pendudukan Israel.

Dikutip Times of Israel, Selasa (8/6/2021), Avi Har-Even (84 tahun) meninggal setelah terluka, saat terjadi kerusuhan warga Arab dan Yahudi di Akka. Kerusuhan itu menyebabkan terbakarnya Hotel Efendi di kota itu.

Baca Juga: Di Yerusalem Lagi, Polisi Israel Serang dan Lukai Puluhan Rakyat Palestina

Dalam kerusuhan pada Mei 2021 lalu itu, dia mengalami luka bakar parah, dan sesak napas karena terhirup asap kebakaran. Ia tak sadarkan diri, dan langsung menggunakan ventilator sejak dibawa ke Pusat Medis Rambam, Haifa pada 11 Mei.

Menurut media Israel, kebakaran di Hotel Efendi, Akka juga menyebabkan sejumlah tokoh penting Israel lainnya yang tengah menginap di hotel itu terluka.

Jerusalem Post menulis, Avi Har-Even yang selama ini dikenal sebagai otak dari program antariksa dan rudal Israel, saat tergabung dalam Angkatan Bersenjata rezim ini melakukan banyak riset, dan menambahkan beberapa persenjataan canggih.

Setelah pensiun dari dunia kemiliteran, Avi Har-Even bekerja untuk Industri Antariksa Israel pada 1982. Dia memimpin tim yang mengembangkan roket peluncur satelit Shavit.

Selain Lod, Akka merupakan salah satu kota campuran warga Arab dan Yahudi yang paling parah dilanda kerusuhan, sebagai respons terhadap serangan aparat keamanan Israel ke Al Quds timur, dan penggusuran wilayah Sheikh Jarrah.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini