BCA Syariah Raih The Best 5 of Indonesia Sharia Finance Awards 2021

BCA Syariah Raih The Best 5 of Indonesia Sharia Finance Awards 2021 Kredit Foto: BCA Syariah

BCA Syariah raih dua penghargaan atas kinerja perusahaan dari ajang Indonesia Sharia Finance Awards 2021 dari Warta Ekonomi (30/5/2021) yang diselenggarakan secara virtual. Penghargaan yang diperoleh yaitu The Best 5 of Indonesia Sharia Finance Awards dan The Outstanding Sharia Business Unit Expansion and Asset Growth. 

Dua penghargaan tersebut diberikan atas kemampuan BCA Syariah untuk mencatatkan kinerja yang positif secara berkesinambungan, memilki profil risiko yang rendah, tata kelola perusahaan dan kualitas pembiayaan yang baik di 2020. 

Baca Juga: Berdayakan Ekonomi, BCA Syariah Gandeng Baznas Salurkan Zakat Produktif

Direktur BCA Syariah Pranata mengatakan sejak awal pandemi tahun lalu, BCA Syariah senantiasa menjaga kualitas kemitraan dengan nasabah. "Kami mengantisipasi kebutuhan nasabah saat ini dan yang akan datang. Hal tersebut diterapkan untuk mendukung perusahaan melaksanakan fungsi intermediasi di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi pada saat itu."

Di 2020, BCA Syariah menerapkan strategi manajemen asset dan liabilitas yang optimal dan meningkatkan pencadangan untuk mengantisipasi risiko pembiayaan yang cenderung meningkat. BCA Syariah sendiri melakukan restrukturisasi sebesar Rp876,7 miliar selama 2020. 70% dari restruktur pembiayaan atau senilai sebesar Rp614 miliar diberikan kepada nasabah yang terdampak langsung oleh pandemi Covid-19. Kualitas pembiayaan masih terjaga dengan baik dengan NPF yang rendah di 0,05% secara gross dan 0,01% secara nett. 

Pemulihan ekonomi saat ini turut meningkatkan optimisme BCA Syariah untuk tumbuh positif. Sampai dengan April 2021 BCA Syariah mencatkan pertumbuhan positif. Aset BCA Syariah tercatat sebesar Rp9,1 triliun naik 10,68% dibandingkan April tahun sebelumnya (yoy). Penyaluran Pembiayaan BCA Syariah mencapai Rp5,8 triliun.

Sementara itu Dana Pihak Ketiga (DPK) tercatat mencapai Rp6,3 triliun naik 7,82% secara yoy. Tahun 2021, BCA Syariah menargetkan pertumbuhan asset di 2021 bisa mencapai 5-10%, sedangkan pembiaaan dan DPK BCA Syariah sedikit optimis bisa tumbuh diatas 3-8%.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini