Anies Baswedan dan Prabowo Subianto Hadiri Acara Syukuran Seabad Soeharto

Anies Baswedan dan Prabowo Subianto Hadiri Acara Syukuran Seabad Soeharto Kredit Foto: Viva

Memperingati 100 tahun kelahiran Presiden RI ke-2, Soeharto digelar acara syukuran di Masjid At Tin, Jakarta Timur. Acara syukuran ini diinisiasi keluarga Soeharto.

Pantauan VIVA, Selasa, 8 Juni 2021, sejumlah pejabat juga hadir dalam acara doa bersama. Mulai mantan menantu Soeharo sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ketua MPR Bambang Soesatyo, hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Acara syukuran ini diisi dengan pengajian membacakan Yasin, tahmid, dan tahlil.

Baca Juga: Rayakan 100 Tahun Soeharto, Fadli Zon Panjatkan Doa

Acara doa bersama ini dipimpin H Ahmad Fauzi Lubis MA, tahlil dipimpin H Saifullah Ismail MA. Pun, ceramah disampaikan Prof H Nasaruddin Umar, yang merupakan Imam Besar masjid Istiqlal.

Media Relation Panitia Seabad Soeharto, Aron menyampaikan, satu abad kelahiran Soeharto ini merupakan momentum istimewa bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya bagi keluarga besar Soeharto. 

"Semasa hidupnya, almarhum Pak Harto adalah satu putera bangsa yang memberikan segala hal terbaik dari dirinya bagi ibu pertiwi tercinta. Sejak remaja, Pak Harto memilih menjadi bagian dari anak zamannya, menjadi pejuang yang merebut dan mempertahankan kemerdekaan dengan mengangkat senjata," kata Aron, Selasa 8 Juni 2021.

Dia melanjutkan Soeharto memiliki rangkaian peristiwa penting hidupnya terkait Serangan Umum 1 Maret 1949, meredakan pemberontakan-pemberontakan di berbagai daerah, memimpin operasi Mandala Pembebasan Irian Barat, serta membawa bangsa ini keluar dari kemelut nasional pasca kudeta G30S/PKI. 

"Selama memimpin Indonesia, Pak Harto mengukir banyak prestasi, di antaranya berjasa besar di bidang pembangunan ekonomi dan pertanian, karena mampu menurunkan tingkat inflasi dari 650 persen menjadi 12 persen dalam beberapa tahun pertama kepemimpinannya," tutur Aron.

Dia bilang Selama Pak Harto menjadi Presiden, ekonomi Indonesia sempat tumbuh rata-rata secara konstan di atas tujuh persen pertahun. "Bahkan pernah di atas sembilan persen pada awal-awal kepemimpinannya," lanjutnya.

Dari keterangan Sekretaris Jenderal Partai Berkarya, Priyo Budi Santoso, putra putri Soeharto hadir semua. Enam anaknya itu adalah Siti Hardijanti Rukmana (Tutut), Sigit Harjojudanto (Sigit), Bambang Trihatmodjo (Bambang), Siti Hediati Hariyadi (Titiek), Hutomo Mandala Putra (Tommy), dan Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek).

Menurut Priyo, Tutut mewakili keluarga sempat menyampaikan kata sambutan dalam acara tersebut. 

"Ya benar mas, hadir semua," tutur Priyo saat dikonfirmasi terpisah, Selasa, 8 Juni 2021.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini