Bitcoin Turun, Pasar Kripto Rugi Hingga Ribuan Triliun

Bitcoin Turun, Pasar Kripto Rugi Hingga Ribuan Triliun Kredit Foto: Reuters/Dado Ruvic

Pasar kripto global kehilangan $200 miliar (sekitar Rp2.853 triliun) menjelang Selasa pagi, yang menurut laporan Cointelegraph (8/6/2021), menambah kerugian menjadi $300 miliar (sekitar Rp4.280 triliun) untuk minggu ini. Momentum mendorong kapitalisasi pasar global turun sejak Bitcoin (BTC) mencapai puncaknya baru-baru ini pada bulan April, diikuti oleh puncak altcoin pada awal Mei.

Kemerosotan baru-baru ini juga bertepatan dengan penurunan jumlah transaksi yang mengalir melalui blockchain Bitcoin. Pada 30 Mei, jumlah transaksi Bitcoin harian turun hingga 175.000 — level terendah hampir tiga tahun yang membentang kembali ke September 2018, menurut data dari BitInfoCharts.

Baca Juga: Dukung Bitcoin Sepanjang Hayat, Jack Dorsey Fokus Jadikan Bitcoin Mata Uang Asli di Internet!

Jumlah transaksi Bitcoin mencapai 392.000 pada Januari 2021 dan tetap cukup stabil hingga 15 April dua hari setelah harga koin mencapai puncaknya. Sejak itu, keduanya mengalami penurunan, dengan transaksi turun lebih dari 50% sepanjang Mei.

Pola umum yang sama disaksikan dengan Ether (ETH), di mana transaksi harian turun dari 1,6 juta pada 11 Mei (hari yang sama ketika harga koin mencapai puncaknya) menjadi 1 juta pada hari Minggu dengan penurunan 37,5%.

Jumlah transaksi on-chain tidak melukiskan gambaran lengkap untuk Bitcoin atau Ether.

Apakah penurunan umum berlanjut adalah masalah spekulasi yang intens bagi analis pasar, yang memberikan prediksi optimis dan tidak menyenangkan untuk arah harga BTC di masa depan.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini