World Economic Forum Luncurkan Panduan Adopsi DeFi untuk Regulator

World Economic Forum Luncurkan Panduan Adopsi DeFi untuk Regulator Kredit Foto: Unsplash/Stanislaw Zarychta

Forum Ekonomi Dunia (WEF) telah menerbitkan perangkat kebijakan tentang DeFi. Menurut rilis yang dikeluarkan pada hari Selasa, toolkit tersebut berusaha untuk memberikan panduan yang berguna bagi regulator dan pembuat kebijakan pemerintah mengenai peraturan DeFi.

WEF dilaporkan bermitra dengan Blockchain dan Proyek Aset Digital di Wharton School of the University of Pennsylvania. Pengusaha DeFi, pakar hukum, dan regulator keuangan juga berkolaborasi dengan WEF untuk mengembangkan perangkat ini.

Baca Juga: Bitcoin Turun, Pasar Kripto Rugi Hingga Ribuan Triliun

Regulator keuangan yang terlibat dalam mengembangkan kerangka kebijakan termasuk perwakilan dari lembaga di Amerika Serikat serta orang-orang yang terlibat dalam menyusun peraturan Pasar dalam Aset Kripto (MiCA) yang direncanakan Eropa.

Sebagai bagian dari pengumuman, WEF menyatakan bahwa perangkatnya menawarkan dasar dasar untuk memeriksa faktor-faktor penting terkait peraturan DeFi. Dengan badan-badan nasional dan antar pemerintah yang berusaha untuk menyusun dan menegakkan peraturan DeFi, beberapa pemangku kepentingan mengatakan perusahaan rintisan yang lebih kecil di industri yang sedang berkembang mungkin akan kehilangan haknya.

Menurut Sheila Warren, wakil kepala Pusat Revolusi Industri Keempat WEF, kekhawatiran semacam itu tercakup dalam toolkit.

“Ini adalah sesuatu yang kami menghabiskan banyak waktu untuk memikirkannya, baik sehubungan dengan mendukung perusahaan pemula yang mendorong inovasi tetapi juga sehubungan dengan apa artinya dalam hal akses,” kata Warren dikutip dari Cointelegraph, Selasa (8/6/2021).

Warren juga menyinggung perlunya menyeimbangkan masalah desentralisasi dan privasi di satu sisi dengan peraturan yang ditujukan untuk memerangi kegiatan terlarang seperti pencucian uang.

Menurut Warren, regulasi tidak boleh dilihat sebagai tujuan akhir melainkan mengadopsi mekanisme insentif dan penghargaan yang umum dalam konsensus jaringan terdesentralisasi untuk memerangi aktivitas aktor jahat.

Seperti yang telah dinyatakan oleh salah satu pendiri MakerDAO, Rune Christensen, kejelasan peraturan diperlukan agar DeFi dapat berinteraksi dengan aset dunia nyata. Peraturan ini kemungkinan akan mencakup perlindungan investor dan masalah Anti Pencucian Uang.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini