Mohon Maaf! Ini Bukan Mau Nakut-nakutin: Warga Harus Siapkan Diri Antisipasi Tsunami 29 Meter...

Mohon Maaf! Ini Bukan Mau Nakut-nakutin: Warga Harus Siapkan Diri Antisipasi Tsunami 29 Meter... Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, mengimbau kepada warga untuk mulai menyiapkan diri mengantisipasi adanya gempa bumi dengan magnitudo 8,7 dan tsunami setinggi 29 meter di wilayah selatan Jawa.

Menurutnya, antisipasi mandiri tersebut seperti pembuatan jalur evakuasi ke daratan yang lebih tinggi.

Baca Juga: Satu Tahun Jadi Juru Bicara: Ini Bukan tentang Angka

"Sebab, hingga saat ini kami (BMKG) belum bisa memprediksi kapan gempa bumi atau tsunami itu akan terjadi sehingga perlu adanya kesadaran mandiri dari masyarakat," katanya, Selasa (8/6/2021).

Usai membuka kegiatan Sekolah Lapang Gempa Bumi di Balai Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, ia pun mengatakan jalur evakuasi dalam suatu desa semakin banyak maka semakin baik.

"Yang penting harus lebih tinggi. Artinya, jalur evakuasi masyarakat tidak harus sama satu dengan yang lain." katanya.

Baca Juga: Mohon Perhatian! Kabar Tsunami 29 Meter di Jatim, BMKG: Itu Bukan Prediksi, Tapi....

"Kalau misalnya rumah kita berada di kawasan pegunungan atau justru di belakang rumah kita ada tebing tinggi maka itu bisa dijadikan jalur evakuasi," sambungnya.

Baca Juga: Ahli Virologi dan Molekuler Biologi: Semua Vaksin Covid-19 Aman dan Sudah Diuji

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini