Apa Itu Manajemen Utang?

Apa Itu Manajemen Utang? Kredit Foto: Unsplash/Nik Shuliahin

Manajemen utang adalah proses pembayaran utang dengan melibatkan pihak ketiga guna membantu pihak yang terlibat utang. Utang adalah masalah utama ketika seseorang atau sebuah entitas berutang hal konsumtif sehingga gagal mengelola keuangan.

Manajemen utang harus dilakukan secara tepat dengan memiliki strategi hanya berutang untuk hal produktif. Lalu, tidak menambah utang baru, berhemat atau memangkas pengeluaran yang tidak mendesak sehingga dapat menyisihkan lebih banyak uang untuk membayar utang. Jika ingin utang cepat lunas, bisa juga dengan bekerja sampingan untuk menambah pendapatan.

Selain itu, bayarlah kewajiban sebelum jatuh tempo. Seteleh mendapatkan uang, prioritas utama selain kebutuhan hidup adalah dengan membayar utang. Hal ini juga dapat menghindar dari bunga.

Baca Juga: Apa Itu Manajemen Risiko?

Strategi manajemen utang yang lebih baik adalah dengan memiliki sikap keuangan yang bertanggung jawab. Jangan sampai uang yang digunakan untuk membayar utang malah untuk membeli sesuatu di luar kebutuhan. Beri tahu kreditur jika mengalami kesulitan keuangan, periksa laporan kredit secara teratur, berhenti menggunakan kartu kredit di toko ritel hanya untuk mendapatkan diskon, dan buatlah dana darurat.

Manajemen utang menyiratkan bahwa dengan rencana yang digunakan dapat membantu pengelolaan utang sehingga cepat selesai. Manajemen utang juga mencerminkan sikap tanggung jawab terhadap hutang yang mungkin dipandang baik oleh calon kreditur.

Dalam mengelola utang, harus memiliki komitmen kuat dan disiplin dalam menyisihkan uang dari gaji bulanan, bonus, maupun pendapatan yang diperoleh dari bisnis. Sehingga utang bisa selesai dan tidur pun lebih nyenyak tanpa terbebani utang. 

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini