DPR Jepang Angkat Suara buat Percepat Pemulihan Myanmar Sebelum...

DPR Jepang Angkat Suara buat Percepat Pemulihan Myanmar Sebelum... Kredit Foto: Getty Images/Hkun Lat

Parlemen Jepang pada Selasa mendesak pemulihan kekuasaan pemerintahan sipil di Myanmar yang digulingkan militer pada Februari. Menurut Kyodo News, majelis rendah parlemen, atau Diet, mengutuk kudeta oleh militer Myanmar (Tatmadaw).

Dalam resolusi yang diadopsi pada Selasa, anggota parlemen Jepang menggambarkan kudeta militer sebagai “tindakan pencegahan upaya dan harapan untuk demokrasi".

Anggota parlemen mendesak pemerintah Jepang untuk memanfaatkan semua sumber daya diplomatik untuk mewujudkan pemulihan demokrasi di Myanmar.

Baca Juga: Berulah Lagi, tapi Kelakuan Junta Myanmar Kali Ini Bikin Menlu-menlu ASEAN Kecewa Berat

Menurut Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik, sedikitnya 857 orang tewas selama demonstrasi anti-kudeta, sementara 4.677 orang lainnya ditahan.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini