Petani di Sumatera Utara Dapat Rasakan Manfaat KUR Sektor Pertanian

Petani di Sumatera Utara Dapat Rasakan Manfaat KUR Sektor Pertanian Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Program KUR Pertanian sudah mulai dirasakan manfaatnya oleh para petani, termasuk di Sumatera Utara seperti yang dirasakan oleh para petani di Desa Pinagar, Provinsi Sumatera Utara. Ada tiga warga yang mengajukan dan mendapatkan manfaat KUR Tani di desa tersebut. 

Salah satunya seorang debitur KUR Tani di Desa Pinagar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumut adalah Syaiful Siregar yang sudah dua kali menggunakan KUR Tani untuk usahanya.

 Baca Juga: 5 Rangkaian Kebijakan yang Jadi Pintu Masuk Petani ke Industri Sawit Nasional

"Saya ambil yang Rp10 juta dengan masa pembayaran 2 tahun, jadi saya bayar sekitar Rp400 ribu setiap bulannya, tahun ini pun saya ikut lagi," kata Syaiful, Rabu (9/6/2021).

Baca Juga: Petani Senang, Replanting Sawit di Muba Mampu Produksi 25 Ton Per Hektar

Ia memilih kembali ikut program KUR Tani karena merasa sangat terbantu untuk modal beternak. Setelah sebelumbya untuk bertani kopi, kini ia mengajukan KUR untuk modal beternak kambing.

"Ya benar, sangat membantu, saya bisa mengembangkan usaha ternak saya dengan dana dari KUR tersebut. Bunganya pun kecil, sehingga tidak terlalu berat bayar tiap bulan," katanya.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini