Gak Beres, Nih! Hartanya Setinggi Langit, Jeff Bezos dan Elon Musk Cuma Bayar Pajak Sedikit!

Gak Beres, Nih! Hartanya Setinggi Langit, Jeff Bezos dan Elon Musk Cuma Bayar Pajak Sedikit! Kredit Foto: Reuters/Mike Segar

Para orang terkaya di Amerika hanya membayar sedikit pajak dari peningkatan kekayaannya. Beberapa di antaranya adalah Jeff Bezos, Elon Musk, Warren Buffett, Carl Icahn, Michael Bloomberg dan George Soros.

Dilansir dari CNBC International di Jakarta, Rabu (9/6/21) berdasarkan laporan ProPublica, sebanyak 25 orang terkaya di AS hanya membayar 3,4 persen dari kenaikan pendapatannya. Ini berdasarkan laporan rahasia Internal Revenue Service (IRS), lembaga resmi pemungut pajak di AS.

Berdasarkan data itu, kumpulan peningkatan kekayaan 25 orang terkaya di AS mencapai USD401 miliar atau sekitar Rp5.694 triliun sejak 2014 hingga 2018. Tetapi, pajak yang mereka keluarkan terlampau kecil yakni hanya USD13,6 miliar atau Rp193 triliun. Pembayaran tersebut dilakukan untuk pajak pendapatan federal selama lima tahun.

Baca Juga: Persaingan Luar Angkasa Makin Sengit, Jeff Bezos 'Kah Pemenangnya? Oh, Tentu Tidak

ProPublica melihat miliarder-miliarder ini tak seperti kebanyakan orang lain yang penghasilannya berasal dari pendapatan upah konvensional. Para miliarder tersebut justru sering mendapatkan manfaat dari penghindaran pajak, seperti saham dan real estate yang tidak dianggap kena pajak kecuali saat aset tersebut dijual

Untuk diketahui, masyarakat biasa di AS yang rata-rata memperoleh USD70 ribu atau Rp994 juta per tahun, harus membayar 14% pajak federal atau USD9.800 alias Rp139 juta.

ProPublica mengatakan, Jeff Bezos, sebagai orang terkaya di dunia membayar pajak tidak lebih dari 1% dalam tarif pajak yang sebenarnya. Jumlahnya yakni sekitar USD973 juta (Rp13,8 triliun) atas pertumbuhan kekayaan sebesar USD99 miliar (Rp1.412 triliun) selama periode lima tahun.

Bahkan, pada tahun 2007, Bezos tidak membayar sepeser pun pajak pendapatan federal. Dia juga menghindari kewajiban pajak pendapatan federal pada tahun 2011.

Elon Musk juga hanya membayar 3,72% pajaknya yakni USD455 juta atas pertumbuhan kekayaan USD13,9 miliar. Musk juga disebutkan mangkir dari pembayaran pajak penghasilan federal pada tahun 2018, menurut ProPublica.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini