Ramalan Pilpres 2024: Ada 3 Kelompok yang Bakal Bertarung, Ini Mereka...

Ramalan Pilpres 2024: Ada 3 Kelompok yang Bakal Bertarung, Ini Mereka... Kredit Foto: Antara/Raisan Al Farisi

Pengamat politik Saiful Huda Ems menyebut ada beberapa poin mengenai klasifikasi figur yang akan muncul pada Pilpres 2024, ditinjau dari sisi ideologi.

Pertama, kata alumnus Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur itu kelompok Nasionalis Religius.

Golongan pertama itu, lanjut Huda, sebuah ideologi politik yang berciri khas memadukan antara unsur-unsur kebangsaan dan keagamaan.

Baca Juga: Satu Tahun Jadi Juru Bicara: Ini Bukan tentang Angka

"Di bagian kelompok Nasionalis Religius ini ada sejumlah nama yang berbanding lurus dengan model atau karakter Presiden Joko Widodo yakni Moeldoko, Ganjar Pranowo, dan Airlangga Hartarto," kata dia dalam keterangan pers, Rabu (9/6/2021).

Selanjutnya, Capres 2024 dari kelompok Nasionalis Abangan. Huda memaknai klaster itu sebagai pemilik ideologi politik yang memadukan antara unsur-unsur nasionalisme dan kepercayaan.

"Kelompok Islam Abangan ada figur seperti Prabowo, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Puan Maharani," tutur dia.

Baca Juga: Prabowo Nyapres Lagi di 2024, Biar Sandi Menang, Pasangkan dengan Anies

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di JPNN Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini