Dongkrak Parekraf, Pemerintah Siapkan Rp60 Miliar untuk Sertifikasi CHSE Pelaku Usaha

Dongkrak Parekraf, Pemerintah Siapkan Rp60 Miliar untuk Sertifikasi CHSE Pelaku Usaha Kredit Foto: Badan Ekonomi Kreatif

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyediakan anggaran sebeasar Rp60 miliar untuk membantu para pelaku usaha memperoleh sertifikat Cleanliness, Health, Safety, and Environment (CHSE).

Sertifikasi tersebut diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi para pengunjung dari risiko penularan Covid-19 sehingga akan membantu membangkitkan kembali kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Baca Juga: Sandiaga: Realisasi Vaksinasi Pelaku Pariwisata Baru 3%

"Tahun ini kami ada anggaran kurang lebih Rp60 miliar untuk melakukan dukungan kepada pelaku usaha untuk mendapatkan sertifikasi CHSE-nya," ujar Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis Kemenparekraf Henky Manurung pada Dialog Produktif Rabu bertajuk Jalan Aman, Nyaman, Rabu (9/6/2021).

Lebih lanjut Henky menjelaskan, meskipun parekraf dipandang sebagai industri yang akan pulih paling terakhir, namun kenyataannya saat ini industri parekraf mulai menunjukkan progres peningkatan.

Misalnya di Yogyakarta, angka pertumbuhan ekonominya mulai mendekati 6 persen akibat adanya peningkatan reservasi hotel di wilayah tersebut.

Selain itu, Bali juga menunjukkan adanya perkembangan pada sejumlah tempat wisatanya yang mulai dikunjungi wisatawan domestik.

"jadi, CHSE ini sangat diwajibkan. Tahun ini kami juga upayakan bertambah lagi jumlah pelaku usaha yang mendapatkan CHSE. Kami juga mendukung dengan memberikan insentif," tutur Henky.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini