Ingin Berwisata? Jangan Lupa Siapkan Ini Agar Terlindung dari Covid-19

Ingin Berwisata? Jangan Lupa Siapkan Ini Agar Terlindung dari Covid-19 Kredit Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah

Belakangan ini, masyarakat Indonesia sudah mulai berani untuk mengunjungi tempat wisata. Hal ini terlihat dari beberapa tempat wisata yang ramai oleh pengunjung. Aktivitas ini memberikan harapan pada industri pariwisata untuk bangkit kembali.

Namun, perlu diingat bahwa pandemi Covid-19 masih belum usai. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin berwisata.

Baca Juga: Berwisata Sambil Jalani Protokol Kesehatan Tak Akan Kurangi Kesenangan

Dokter sekaligus traveler Ratih Citra Sari memberikan beberapa tips kepada masyarakat Indonesia yang ingin berwisata. Pertama, dan yang paling utama, Anda harus mematikan diri Anda dalam keadaan sehat.

"Jadi tentunya yang pertama harus kita siapkan yaitu diri sendiri, harus dipastikan dalam kondisi sehat," ujar Ratih pada Dialog Produktif Rabu bertajuk Jalan Aman, Nyaman, Rabu (9/6/2021).

Kemudian, jangan lupa untuk membawa alat-alat kebersihan sendiri, seperti hand sanitizer untuk membersihkan tangan dan tisu basah untuk mengelap permukaan benda.

Selanjutnya, siapkan beberapa masker cadangan. "Karena dalam satu hari kita harus ganti beberapa kali," jelasnya.

Ratih merekomendasikan untuk menggunakan masker disposable sekali pakai agar setelah digunakan dapat langsung dibuang.

Lalu, ada baiknya jika Anda membawa peralatan makan sendiri ketika pergi berwisata, seperti botol minum dan sendok.

Ratih juga menyarankan untuk mengunjungi destinasi wisata yang telah memiliki sertifikat Cleanliness, Health, Safety, and Environment (CHSE) agar risiko penularan Covid-19 bisa diminimalisir.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini