Melihat Palestina dalam Lensa Kacamata Arab Saudi

Melihat Palestina dalam Lensa Kacamata Arab Saudi Kredit Foto: Antara/Didik Suhartono

Yayasan Penelitian dan Arsip Raja Abdulaziz (Darah) menyiarkan bagian kedua dari film dokumenter tentang Arab Saudi-Palestina. Film itu berjudul Palestina, Lilin yang tak Pernah Padam

Dilansir Saudi Gazette pada Kamis (10/6/2021) , film dokumenter itu disiapkan untuk memperjelas hubungan permanen antara Kerajaan Arab Saudi dan Palestina. Selain itu menggambarkan korelasi politik antara persoalan Yerusalem dalam masalah politik internasional dalam agenda diplomatik Arab Saudi. 

Baca Juga: Bagaimana Bangsa Palestina Ikun Gulingkan Netanyahu yang Pimpin Israel Selama 15 Tahun

Film yang juga disiarkan melalui saluran YouTube Darah dan platform lainnya juga mengungkapkan akar dari hubungan spiritual dan politik yang dimulai pada masa pemerintahan Raja Abdulaziz.

Dalam film itu ditayangkan benda-benda bersejarah termasuk dokumen fotografi dan surat yang dikirim Raja Abdulaziz kepada presiden Amerika Serikat Franklin Roosevelt, tertanggal Maret 1945.

Serial ini dianggap sebagai referensi intensif bagi para peneliti dan spesialis tentang rakyat Palestina. Film ini juga merupakan kunci terdokumentasi tentang hubungan Kerajaan Arab Saudi dengan masalah Palestina. 

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini