Usai Rumah dan Pertanian Habis, Militer Israel Kini Tutup Paksa LSM Palestina

Usai Rumah dan Pertanian Habis, Militer Israel Kini Tutup Paksa LSM Palestina Kredit Foto: Antara/REUTERS/Mohamad Torokman

Tentara Israel pada Rabu (9/6/2021) menutup markas Komite Pekerjaan Kesehatan, sebuah organisasi Palestina, di kota Ramallah, Tepi Barat, untuk jangka waktu enam bulan.

Organisasi itu mengatakan dalam sebuah pernyataan, pasukan Israel menyerbu markasnya di lingkungan Sutah Marhaba di Ramallah, menggeledah kantor dan menyita komputernya.

Baca Juga: Hatinya Mati, Jalan Pertanian di Hebron Dibabat Habis Buldoser-buldoser Zionis Israel

Menurut pernyataan itu, tentara Israel menutup pintu utama dengan panel logam padat dan memerintahkan penutupan segera dua apartemen di gedung tempat organisasi itu berada selama enam bulan.

Menurut Komite Pekerjaan Kesehatan, tentara mengatakan penutupan dilakukan karena alasan keamanan.

"Langkah Israel bertujuan untuk membatasi operasi lembaga kesehatan Palestina yang memberikan layanan kepada warga Palestina", kata organisasi itu.

Tidak ada komentar dari militer Israel atas laporan tersebut. Pada Oktober 2019, tentara Israel juga pernah menyerbu kantor organisasi itu dan menangkap direktur keuangannya.

Komite Pekerjaan Kesehatan adalah LSM Palestina yang bekerja di bidang kesehatan dan pengembangan masyarakat serta memiliki cabang di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini