Apa Itu Margin?

Apa Itu Margin? Kredit Foto: Antara/Puspa Perwitasari

Margin adalah jaminan yang harus disetorkan investor ke pialang atau bursa mereka untuk menutupi risiko kredit yang dimiliki pemegangnya untuk pialang atau bursa. Sementara dalam keuangan, margin diikuti dengan profit yakni persentase keuntungan dari produk atau jasa yang dijual oleh suatu perusahaan.

Seorang investor dapat menciptakan risiko kredit jika mereka meminjam uang tunai dari broker untuk membeli instrumen keuangan, atau meminjam instrumen keuangan untuk menjualnya, atau masuk ke dalam kontrak derivatif.

Buying on margin terjadi ketika investor membeli aset dengan meminjam saldo dari broker. Membeli dengan margin mengacu pada pembayaran awal yang dilakukan kepada broker untuk aset tersebut yakni investor menggunakan sekuritas marjinal di rekening perantara sebagai jaminan.

Baca Juga: Apa Itu Manajemen Utang?

Margin mengacu pada jumlah ekuitas yang dimiliki investor di akun pialang mereka. Rekening margin adalah rekening pialang di mana pialang meminjamkan uang kepada investor untuk membeli lebih banyak sekuritas daripada yang bisa mereka beli dengan saldo di rekening mereka.

Investasi margin dapat menguntungkan dalam kasus di mana investor mengantisipasi mendapatkan tingkat pengembalian investasi yang lebih tinggi daripada apa yang dia bayarkan untuk bunga pinjaman.

Buying on margin adalah cara meminjam uang dari broker untuk membeli saham. Perdagangan margin memungkinkan investor membeli lebih banyak saham daripada biasanya. Untuk berdagang dengan margin, maka diperlukan akun margin. Ini berbeda dari akun tunai biasa, di mana berdagang menggunakan uang di akun.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini