Baru Masuk Bursa, Saham BAJA Langsung Diperebutkan Investor Hingga Mentok ke Titik Tertinggi

Baru Masuk Bursa, Saham BAJA Langsung Diperebutkan Investor Hingga Mentok ke Titik Tertinggi Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar

Saham PT Ladangbaja Murni Tbk resmi tercatat di papan perdaganagn Bursa Efek Indonesia (BEI) setelah melaksanakan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO). Emiten dengan kode saham LABA ini menjadi perusahan tercatat ke - 18 yang melantai di bursa pada tahun ini. Harga saham LABA pun langsung melesat 34,4% atau 43 poin ke harga Rp168 per saham dari Rp125 per saham saat IPO. 

LABA menawarkan sebanyak 200 juta lembar saham kepada public atau 20% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh. Dana yang terhimpun dari proses IPO senilai Rp25 miliar dan akan digunakan renovasi dan peremajaan mesin pada Gudang baru LABA yang lebih luas di Cibitung untuk meningkatkan kinerja operasional perusahaan dengan peningkatan kapasitas produksi, kualitas yang lebih baik, inovasi terbaik dan perluasan lini bisnis pada plastic injection mould. 

“Kami optimis untuk terus mengembangkan bisnis Perseroan dikarenakan prospek pertumbuhan industri mould, spare part turunan baja, dan plastic injection mould yang masih sangat besar di Indonesia, ditambah dengan dukungan pemerintah melalui peraturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang mendukung industri dalam negeri untuk terus bertumbuh.” ujar Mugi direktur Utama LABA, dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (10/6/2021).

Baca Juga: IPO GoTo Dinilai Bisa Jadi Momentum Penguatan Pasar Modal Indonesia

Dalam rangka proses IPO ini, LABA menunjuk PT Indo Capital Sekuritas sebagai lead underwriter dengan sindikasi dari PT Panin Sekuritas Indonesia Tbk dan PT Reliance Indonesia Tbk. Hasil penawaran umum sangat memuaskan dengan tingkat oversubscribe hingga lebih dari 300x dari porsi pooling yang tersedia. 

Selain penawaran saham kepada masyarakat, LABA juga menerbitkan waran ssebanyak 280 juta lembar waran dan akan dibagikan secara Cuma-Cuma kepada investor baru saat IPO dengan rasio 5:7, dimana 5 saham baru yang dibeli akan diberikan 7 waran. LABA berencana untuk menggunakan dana yang terhimpun dari pelaksanaan waran untuk modal kerja. 

Kedepannya, LABA akan terus meningkatkan kinerja perusahaan dan berkomitmen untuk selalu menjaga kepercayaan investor-investor baru LABA dengan menjaga standar tata Kelola perusahaan yang baik, meningkatkan mutu perusahaan, dan tidak melupakan tanggung jawab perusahaan

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini