Setengah Orang Yahudi Israel Percaya Tidak Ada yang Menang dalam Pertempuran Gaza karena...

Setengah Orang Yahudi Israel Percaya Tidak Ada yang Menang dalam Pertempuran Gaza karena... Kredit Foto: Austrian Union of Jewish Students

Sekitar setengah dari orang Yahudi Israel percaya bahwa tidak ada pihak yang muncul sebagai pemenang dalam putaran terakhir pertempuran antara Israel dan Jalur Gaza. Hanya 35% yang percaya bahwa Israel menang, menurut jajak pendapat baru yang diterbitkan oleh Proyek Kemenangan Israel pada Rabu (9/6/2021).

Dilansir Jerussalem Post, Kamis (10/6/2021) jajak pendapat, yang dilakukan oleh perusahaan Midgam, mencari pendapat dari 503 orang Yahudi Israel yang membentuk "representasi statistik dari populasi Yahudi Israel," menurut siaran pers Proyek Kemenangan Israel.

Baca Juga: Pengakuan Menggetarkan Seorang Rabi Soal Yahudi dan Zionis hingga Palestina

Sekitar setengah responden mengatakan bahwa Operation Guardian of the Walls bulan lalu lebih berhasil daripada Operation Protective Edge pada tahun 2014, sementara 23% berpikir bahwa tidak ada operasi yang berhasil.

Sekitar sepertiga responden mengatakan mereka percaya bahwa operasi itu akan memulihkan ketenangan di Israel selatan, sementara hanya 27% penduduk Israel selatan yang setuju. Separuh dari responden menyatakan bahwa mereka percaya bahwa operasi tersebut mencapai beberapa bentuk pencegahan.

Sekitar dua pertiga percaya bahwa Operasi Penjaga Tembok berakhir terlalu cepat dan itu seharusnya berlanjut sampai "penghancuran kemampuan dan keinginan Hamas untuk melawan Israel, dan kembalinya para tawanan dan orang hilang."

Tiga perempat (74%) menyatakan bahwa mereka percaya bahwa Israel seharusnya tidak melakukan invasi darat ke Jalur Gaza karena akan menyebabkan banyak korban.

Tetapi sebagian besar responden juga menunjukkan dukungan untuk kebijakan yang lebih agresif terhadap Hamas dan sekitar 90% menyatakan dukungan untuk membunuh komandan Hamas bahkan jika tidak selama operasi. Sekitar 76% mendukung penghentian pendanaan Qatar ke Gaza dan 74% mendukung pembatasan pasokan bangunan dari Gaza.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini