Apa Itu Margin Laba Kotor?

Apa Itu Margin Laba Kotor? Kredit Foto: Freepik

Margin laba kotor adalah metrik yang digunakan analis untuk menilai kesehatan keuangan perusahaan dengan menghitung jumlah uang yang tersisa dari penjualan produk setelah dikurangi harga pokok penjualan (HPP). Margin laba kotor sering dinyatakan sebagai persentase dari penjualan.

Margin laba kotor juga menjadi rasio keuangan yang digunakan oleh manajer guna menilai efisiensi proses produksi untuk suatu produk yang dijual oleh perusahaan atau untuk lebih dari satu produk. Sebuah bisnis mungkin lebih efisien dalam memproduksi dan menjual satu produk daripada yang lain. 

Baca Juga: Apa Itu Margin?

Margin laba kotor dapat dihitung untuk setiap produk individu selama bisnis dapat membedakan biaya langsung untuk memproduksi setiap produk yang lain. Harga pokok penjualan pada laporan laba rugi perusahaan memperhitungkan biaya langsung untuk memproduksi produk.

Biaya langsung mencakup biaya-biaya yang secara khusus terkait dengan objek biaya, yang mungkin berupa produk, departemen, atau proyek. Harga pokok penjualan terdiri dari biaya langsung perusahaan.

Seperti rasio keuangan lainnya, margin laba kotor hanya bermakna secara komparatif. Manajer keuangan mungkin ingin menggunakan analisis tren untuk membandingkan margin laba kotor dengan periode waktu lain atau analisis industri untuk membandingkannya dengan perusahaan serupa lainnya.

Jika margin laba kotor perusahaan sangat berfluktuasi, ini mungkin menandakan praktik manajemen yang buruk dan/atau produk yang kurang baik. Di sisi lain, fluktuasi seperti itu dapat dibenarkan dalam kasus di mana perusahaan membuat perubahan operasional besar-besaran pada model bisnisnya, di mana volatilitas sementara seharusnya tidak perlu dikhawatirkan.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini