Manuver Maut Jokowi di Pilpres Mendatang, Bikin PDIP Makin Jadi

Manuver Maut Jokowi di Pilpres Mendatang, Bikin PDIP Makin Jadi Kredit Foto: Instagram Jokowi

Pengamat politik Rustam Ibrahim membeberkan kekuatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilu 2024. Menurutnya, Jokowi akan menjadi salah satu tokoh yang bisa mendongkrak suara PDIP pada Pemilu 2024 mendatang.

Selain Jokowi, ada dua tokoh lainnya, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma).

"Ketiga tokoh tersebut ialah Presiden Jokowi, Ganjar Pranowo, dan Tri Rismaharini," kata Rustam dalam keterangannya belum lama ini.

Baca Juga: Satu Tahun Jadi Juru Bicara: Ini Bukan tentang Angka

Namun, hal itu tergantung bagaimana PDIP menempatkan Risma dan kedua tokoh tersebut dalam kepemimpinan partai.

Menurut Rustam, jika salah menempatkan ketiga tokoh tersebut, PDIP akan mendapat banyak kerugian.

"Jika tidak, ramalan saya suara PDIP akan kembali merosot, seperti Pemilu 2009, menjadi sekitar 14-15 persen," jelasnya. Seperti diketahui, DPR bersama pemerintah dan penyelenggara pemilu telah menyepakati jadwal Pemilu 2024.

Pencoblosan Pemilu 2024 berupa Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) disepakati berlangsung 28 Februari 2024. Sementara itu, waktu pencoblosan Pilkada 2024 berlangsung pada 27 November 2024. Namun, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian baru-baru ini mengatakan, jadwal Pemilu 2024 tersebut belum final.

Baca Juga: Ahli Virologi dan Molekuler Biologi: Semua Vaksin Covid-19 Aman dan Sudah Diuji

Baca Juga: Berwisata Sambil Jalani Protokol Kesehatan Tak Kurangi Kesenangan

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini