Gertakan Baru PSI Menggelegar, Anies Baswedan Tersudut

Gertakan Baru PSI Menggelegar, Anies Baswedan Tersudut Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jakarta fraksi PSI Anggara Wicitra Sastroamidjojo menilai kebijakan Pemprov DKI Jakarta mengizinkan pesepeda road bike melintas di Jalan Layang Non Tol (JLNT) diskriminatif. Pasalnya, kebijakan itu hanya mengkhususkan satu kendaraan jenis tertentu yakni road bike.

“Semua kebijakan yang dikeluarkan tidak boleh melanggar prinsip keadilan," ucap dia dalam keterangannya yang diterima, Kamis (10/6/2021).

Baca Juga: Satu Tahun Jadi Juru Bicara: Ini Bukan tentang Angka

Pasalnya, tidak memberikan keadilan bagi para pesepeda lainnya di Jakarta. "Jika ada kasih insentif buat pesepeda, harusnya ini berlaku untuk semua jenis sepeda, tidak hanya road bike," katanya.

Ara, sapaan akrabnya menyatakan, sejumlah kebijakan untuk road bike yang dibuat Pemprov DKI Jakarta secara sembrono dalam dua minggu terakhir. Setelah menjadikan JLNT sebagai jalur road bike dan diperbolehkan melintas di jalur kendaraan bermotor Jalan Sudirman-Thamrin, padahal sudah disediakan jalur sepeda khusus.

"JLNT itu buat motor aja berbahaya, apalagi untuk sepeda," terang dia.

Menurutnya, jalur khusus road bike itu tidak hanya diskriminatif, tapi juga melanggar Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Berdasarkan UU LLAJ No. 22 Tahun 2009, Pasal 122 Ayat 1 Poin c kendaraan tidak bermotor dilarang menggunakan jalur jalan kendaraan bermotor jika telah disediakan jalur jalan khusus bagi kendaraan tidak bermotor.

Baca Juga: Ahli Virologi dan Molekuler Biologi: Semua Vaksin Covid-19 Aman dan Sudah Diuji

Baca Juga: Berwisata Sambil Jalani Protokol Kesehatan Tak Kurangi Kesenangan

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini