Masih Terngiang Kata yang Meremehkan, William Tanuwijaya Pegang Teguh Petuah Soekarno

Masih Terngiang Kata yang Meremehkan, William Tanuwijaya Pegang Teguh Petuah Soekarno Kredit Foto: Instagram/William Tanuwijaya

CEO Tokopedia, William Tanuwijaya telah menjadi kekuatan yang tangguh dalam merger GoTo Group. Pria berusia 39 tahun ini memiliki seperempat dari kepemimpinan perusahaan yang menjadi perusahaan teknologi paling berharga di Indonesia.

Bisnisnya mungkin tidak akan pernah terwujud jika bukan karena tekadnya dalam menghadapi kritik. Tanuwijaya baru berusia awal 20-an ketika ia memulai misi untuk mendemokratisasi e-commerce dengan membuat situs web bagi jutaan pemilik usaha kecil di Indonesia untuk menjual barang-barang mereka secara online. Saat itu pertengahan 2000-an dan internet lepas landas di Indonesia.

Baca Juga: William Tanuwijaya Blak-Blakan Soal Tantangan GoTo ke Depan, Apa Itu?

“Kami tidak memiliki kisah sukses seperti Mark Zuckerberg atau Sergey Brin, Steve Jobs atau Jack Ma. Tidak ada cerita seperti itu tentang pengusaha dari Indonesia yang membangun perusahaan teknologi selama ini,” katanya kepada CNBC Make It yang dikutip di Jakarta, Jumat (11/6/21).

Terinspirasi oleh cerita mereka, William tahu diaharus meningkatkan investasi swasta untuk mewujudkan idenya. Tetapi sebagai anak muda Indonesia dari latar belakang pedesaan dan kehidupan yang sederhana, bahkan sulit, banyak yang ragu dengan William.

“Mereka bertanya tentang latar belakang pribadi saya… di universitas mana saya kuliah,” kata William mengingat percakapannya dengan investor.

“Saya bukan dari Ivy League. Saya selalu menganggap diri saya lulusan warnet,” ujarnya lagi mengenang saat-saat ia berkuliah di Binus Jakarta sambil bekerja shift malam di warnet untuk menghidupi keluarganya.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini