Bangkitkan UMKM, BGR Logistics Terus Perkuat Warung Pangan

Bangkitkan UMKM, BGR Logistics Terus Perkuat Warung Pangan Kredit Foto: Mochamad Ali Topan

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics tandatangani Nota Kesepahaman dengan Koperasi Mabadiku Bintang Sembilan tentang penggunaan merk bersama dan penyediaan bahan pangan. 

Nota Kesepahaman ini ditandatangani langsung oleh M. Kuncoro Wibowo, Direktur Utama BGR Logistics dan Irnanda Laksanawan, Ketua Umum Koperasi Mabadiku Bintang Sembilan di Kantor Pusat BGR Logistics. 

Baca Juga: BGR Logistics Bersinergi dengan PT Prima Indonesia Logistik untuk Rencana Kerja Sama Bisnis di Medan

Irnanda Laksanawan menyampaikan koperasi Mabadiku adalah koperasi dari Nadhatul Ulama (NU), yang mempunyai anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. Pendaftaran member Koperasi Mabadiku juga dilakukan secara online, ini sangat cocok berkolaborasi dengan BGR Logistics yang menyediakan layanan logistik yang terintegerasi secara digital. 

"Pemerintah kini sedang mencanangkan digitalisasi UMKM di Indonesia agar ke depan dapat bersaing di era digital yang terus berkembang, disinilah BGR logistics bisa berperan bersama kami. Melalui Kerjasama dan sinergi ini, BGR Logistics dan Koperasi Mabadiku Bintang Sembilan memiliki semangat yang sama yaitu pemberdayaan ekonomi masyarakat," kata Irnanda dalam keterangannya, Jumat (11/6/2021). 

Dia menambahkan, pandemi Covid-19 yang semakin parah membuat UMKM terkena dampak yang luar biasa. Hal ini yang mendasari semangat kami untuk membuat UMKM agar tetap dapat bersaing dan bertahan. Banyak UMKM yang terhenti usahanya karena mungkin tidak bisa mengambil stok bahan kebutuhan, harganya mahal, dan lain sebagainya. Dengan sistem digital yang dimiliki BGR logistics seperti Warung Pangan dengan segala fassilitasnya, ini akan sangat membantu UMKM untuk tetap berjalan dan bisa bersaing di masa pandemi. 

Kerjasama ini juga salah satu bentuk pemberdayaan produk lokal yang diinginkan pemerintah agar produk lokal tidak tersingkir oleh produk-produk luar. Dengan sistem integrated yang dimiliki BGR Logisitics, semua termonitor dengan baik sehingga tidak ada resiko kehilangan barang dijalan, barang yang tidak sesuai atau yang lainya. Mudah-mudahan langkah ini juga akan memberikan tambahan untuk ekonomi growth di Q3 tahun 2021 ini. 

M. Kuncoro Wibowo menyampaikan apresiasinya kepada Koperasi Mabadiku Bintang Sembilan yang bersinergi dengan Warung Pangan BGR Logistics. 

"Ini sangat penting, karena BGR Logistics bersinergi dengan salah satu organisasi yang cukup besar NU yakni Koperasi Mabadiku Bintang Sembilan. Dengan adanya sinergi ini, harapan kita bersama-sama akan semakin besar untuk membantu UMKM bangkit dari pandemi Covid-19 dan meningkatkan daya saing mereka di era digital," kata Kuncoro. 

Sinergi ini akan semakin menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Kini, Warung Pangan juga memiliki fitur WP Asik dan WP Fund untuk membantu mitra warung pangan mengembangkan usahanya. Sumber pendanaan WP Asik berasal dari anggaran TJSL Perusahaan, sedangkan fitur WP Fund kami gandeng Himbara. 

Ke depannya untuk usaha HOREKA (Hotel, Restaurant dan Kafe) juga akan kami fasilitasi sistem untuk mempermudah mereka dalam hall supply bahan pangan. 

Dalam waktu dekat ini BGR Logistics juga akan segera me-launching satu layanan jasa lagi untuk permudah pengiriman barang retail dengan moda transportasi darat dengan skema hub to hub dan dooring dalam kota dengan tarif yang bersaing serta sistem trace and track yang realtime. Ini juga merupakan salah satu upaya kami yang dapat mendukung warung pangan. 

Semoga sinergi BGR Logistics dan Koperasi Mabadiku Bintang Sembilan dapat segera terealisasi dengan baik dan terencana agar manfaat dari sinergi ini dapat segera dinikmati oleh UMKM dan masyarakat luas.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini