Pascalebaran Kasus Covid-19 Melonjak Tajam, Anies Tuding Pihak Ini yang Harus Bertanggungjawab!

Pascalebaran Kasus Covid-19 Melonjak Tajam, Anies Tuding Pihak Ini yang Harus Bertanggungjawab! Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan tingginya peningkatan kasus Covid-19 di ibukota saat ini merupakan imbas dari libur lebaran 2021 yang mengakibatkan gelombang baru peningkatan kasus Covid-19.

"Lonjakan baru dirasakan akhir-akhir ini, namun ini bukan hanya di Jakarta saja, tapi juga berbagai wilayah di Indonesia," kata Anies saat ditemui di Lapangan Blok S, Jakarta, Minggu malam.

Baca Juga: Satu Tahun Jadi Juru Bicara: Ini Bukan tentang Angka

Meski tidak hanya terjadi di Jakarta, Anies menekankan perlunya melakukan pendisiplinan secara kolektif.

Anies meminta semua pihak bertanggung jawab atas kegiatan yang dilakukannya dengan kondisi yang sedang dihadapi saat ini, termasuk pelaku usaha, pelaku kegiatan sosial, pelaku kegiatan budaya, pelaku kegiatan keagamaan.

"Cara bertanggung jawab adalah dengan menjalankan seluruh protokol kesehatan. Jam operasi ditaati, jumlah keterisian orang ditaati, kemudian penggunaan masker ditaati. Kita harus bekerja bersama-sama, dan tidak mungkin kita kerjakan ini sendirian," ucapnya.

Karena itu, tambah Anies, pihaknya bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta, malam ini menggelar apel terkait penanganan Covid-19 guna mengingatkan semua pihak.

"Kita semua sama-sama ambil tanggung jawab. Petugas kita akan mengingatkan, dan petugas kita akan menegakkan aturan, memberikan sanksi yang amat tegas. Kita tidak akan kompromi terhadap pelanggar-pelanggar yang mengambil sikap tidak bertanggung jawab di masa pandemi ini," tuturnya.

Baca Juga: Ahli Virologi dan Molekuler Biologi: Semua Vaksin Covid-19 Aman dan Sudah Diuji

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini