Putin Harap Pertemuan Biden Tingkatkan Dialog Amerika-Rusia

Putin Harap Pertemuan Biden Tingkatkan Dialog Amerika-Rusia Kredit Foto: AFP/JIJI

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dia berharap pertemuannya dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dapat membangun dialog antara kedua negara. Selain itu, Putin berharap pertemuan tersebut dapat memulihkan hubungan pribadinya.

"Untuk memulihkan kontak pribadi kami, hubungan, untuk membangun dialog langsung, untuk menciptakan mekanisme yang benar-benar berfungsi di bidang-bidang yang mewakili kepentingan bersama,” kata Putin dilaporkan kantor berita Interfax pada Minggu (13/6/2021).

Baca Juga: Ketika Mau Ketemu Putin Malah Dapat Ledekan dari Trump: Semoga Beruntung Biden, Jangan Tidur

Putin dan Biden dijadwalkan bertemu pada 16 Juni mendatang. Sebuah vila abad ke-18 yang menghadap Danau Jenewa, Swiss, bakal menjadi tempat pertemuan mereka. Sebelumnya Putin telah mengatakan Rusia siap meningkatkan hubungan dengan AS.

"Kami akan membahas masalah hubungan bilateral. Saya yakin kami akan mencoba menemukan cara untuk mengatur hubungan ini,” kata Putin saat berbicara di sesi pleno the St. Petersburg International Economic Forum (SPIEF) pada 4 Juni lalu, dilaporkan laman kantor berita Rusia, TASS.

Selain hubungan bilateral, Putin dan Biden pun akan membahas stabilitas strategis dan regulasi konflik internasional.

"Kami akan berbicara tentang proses perlucutan senjata, perang melawan terorisme, saya harap. (Kami akan berbicara) tentang perang melawan pandemi dan masalah lingkungan. Ini adalah agenda tentatif,” ujar Putin. 

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini