Apa Itu Margin Laba?

Apa Itu Margin Laba? Kredit Foto: Freepik

Margin laba adalah rasio profitabilitas yang umum digunakan untuk mengukur sejauh mana perusahaan atau aktivitas bisnis menghasilkan uang. Sederhananya, angka persentase menunjukkan berapa keuntungan yang dihasilkan bisnis untuk setiap penjualan.

Keuntungan ini biasanya dinyatakan dalam hubungannya dengan laba bersih dan laba kotor. Keuntungan itu sendiri dapat ditingkatkan dengan memperoleh pendapatan tambahan atau dengan cara mengurangi biaya. 

Ketika nilai margin laba tinggi, perusahaan dinilai bekerja dengan baik dari sudut pandang finansial, karena menghasilkan laba secara maksimal dan dinilai dapat mengelola keuangan dengan efektif.

Baca Juga: Apa Itu Margin Laba Kotor?

Sebaliknya, jika margin laba sebuah perusahaan dinilai rendah, perusahaan tersebut dinilai memiliki profitabilitas yang tidak terlalu aman.

Margin laba adalah indikator strategi penetapan harga perusahaan dan seberapa baik perusahaan mengendalikan biaya. Perbedaan strategi bersaing dan bauran produk menyebabkan margin keuntungan berbeda antar perusahaan.

Ada empat tingkat margin laba, yaitu: laba kotor, laba operasi, laba sebelum pajak, dan laba bersih. Ini tercermin pada laporan laba rugi perusahaan dalam urutan berikut: Perusahaan menerima pendapatan penjualan, kemudian membayar biaya langsung dari produk layanan. Yang tersisa adalah margin kotor. Kemudian membayar biaya tidak langsung seperti kantor pusat perusahaan, iklan, dan R&D. Yang tersisa adalah margin operasi.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini