Berandai-andai Jadi Presiden, Rizal Ramli Lantang Teriakkan: Saya Potong...

Berandai-andai Jadi Presiden, Rizal Ramli Lantang Teriakkan: Saya Potong... Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Ekonom senior, Rizal Ramli, menyatakan dirinya bisa menurunkan beban utang Indonesia hingga setengah jika dirinya menjadi Presiden.

Hal tersebut disampaikan dalam video berjudul Soal Dana Haji, Pajak Sembako, Sampai Ruginya Garuda Indonesia yang tayang di Karni Ilyas Club, Sabtu (12/6/2021) pekan lalu.

Baca Juga: Satu Tahun Jadi Juru Bicara: Ini Bukan tentang Angka

Mulanya, ia mengatakan bahwa persoalan utama Indonesia yakni kewajiban membayar bunga utang sebesar Rp273 triliun per tahun. Menurutnya, Indonesia seharusnya berfokus untuk menyelesaikan masalah bunga utang terlebih dahulu.

"Caranya gimana? Lakukan langkah-langkah dong, terobosan, supaya kewajiban bunga itu bisa dipotong menjadi setengahnya," ujarnya seperti dilansir dari Terkini di Jakarta, Senin (14/6/2021).

Ia mengatakan bahwa berdasarkan beberapa pengalaman, hal tersebut memungkinkan untuk dilakukan.

Kemudian, ia menceritakan bahwa sebelum pandemi, dirinya pernah bertemu dengan gubernur bank sentral di salah satu negara besar.

"Saya bilang, kamu kan sekarang kalau menerbitkan surat utang atau bond, kamu bayar bunga kepada yang meminjam. Istilahnya, interest rate-nya negatif. Minus satu persen pada waktu itu," ucapnya.

Baca Juga: Ujung Pertemuan dengan KAMI, Saran Rizal Ramli: Pak Jokowi Sebaiknya Mundur, daripada Dipaksa...

Baca Juga: Ahli Virologi dan Molekuler Biologi: Semua Vaksin Covid-19 Aman dan Sudah Diuji

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini