Target 30 Juta UMKM Go Digital, Menkop-UKM: Ada Problem Literasi Digital

Target 30 Juta UMKM Go Digital, Menkop-UKM: Ada Problem Literasi Digital Kredit Foto: Sarinah

Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Kemenkop-UKM) menargetkan sebanyak 30 juta UMKM untuk bisa go digital di tahun 2024. Menkop-UKM Teten Masduki mengatakan bahwa langkah ini bagian dari membangun perekonomian digital.

"Kita mau dorong usaha mikro yang belum terhubung ke dunia digital," katanya, Senin (14/6/2021).

Baca Juga: Menkop Bongkar 'Maunya' Konsumen: Bukan Cari Murah, tapi...

Menurutnya, ini bukanlah langkah mudah karena ia mengakui banyak tantangan yang harus dihadapi.

"Ada problem literasi digital," lanjutnya.

Problem lain yang disebut Teten adalah kapasitas produksi. Seperti diketahui, usaha mikro dan kecil memang tidak memiliki kemampuan memproduksi produk dalam jumlah masif.

Ini yang dikhawatirkan Teten bila UMKM sudah bergabung di platform besar. Masalah lain seperti kualitas produk dan pengemasan produk. UMKM harus lebih memperhatikan kualitas dan pengemasan produk bila ingin produknya mampu bersaing di kancah internasional.

Menkop-UKM mengatakan bahwa proses onboarding UMKM untuk go digital ini akan lebih cepat jika UMKM yang mampu bersaing di kancah global dipersiapakan terlebih dahulu.

"Kalau kita fokus siapkan produk UMKM yang bisa terhubung dengan pasar global, saya rasa akan lebih cepat," katanya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini