Apa Itu Merek Dagang?

Apa Itu Merek Dagang? Kredit Foto: Istimewa

Merek dagang adalah lambang yang dipakai oleh pedagang besar yang menjadi nama atau simbol yang dapat dikenali untuk mengidentifikasi produk atau layanan yang didistribusikan ke pasar. Merek dagang membuat suatu produk mudah dikenal karena unik dan berbeda dengan bisnis lainnya.

Merek dagang secara eksklusif mengidentifikasi produk sebagai milik perusahaan tertentu dan mengakui kepemilikan perusahaan atas merek tersebut.

Selain unik dan berbeda, perusahaan yang mendaftarkan merek dagangnya dapat terlindungi secara hukum. Sehingga, tidak ada pihak yang dapat menggunakan nama/tanda/simbol yang sama dengan yang sudah digunakan.

Baca Juga: Apa Itu Margin Laba?

Hal tersebut ada di dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek, "Merek Dagang adalah Merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan barang-barang sejenis lainnya".

Merek dagang juga memiliki jangka waktu yang berlakuk yakni selama 10 tahun sejak tanggal pengajuan. Dan perlindungan merek dagang dapat diperpanjang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Menggunakan merek dagang mencegah orang lain menggunakan produk atau layanan perusahaan atau individu tanpa izin. Mereka juga melarang merek apa pun yang mungkin membingungkan dengan merek yang sudah ada.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini