53 Tahun Jadi Pengusaha, Alim Markus Ungkap Pentingnya Menjaga Kepercayaan

53 Tahun Jadi Pengusaha, Alim Markus Ungkap Pentingnya Menjaga Kepercayaan Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Bos Maspion, Alim Markus mengaku senang berbagi ilmu kepada banyak orang. Baginya, sebagai seorang pengusaha, membagikan uang dalam bentuk amal masih belum ada apa-apanya dibandingkan dengan membagi ilmu yang ia punya.

Dalam video YouTube bertajuk "Executive Lecture Series 2018 - Alim Markus", pria berusia 69 tahun ini mengatakan sebagai seorang pengusaha, apalagi pengusaha besar, harus menepati janji. Menurut Alim Markus, kepercayaan sangatlah penting.

Baca Juga: Pengusaha Kecil Desak BPOM Laporkan Penyebar Hoaks Galon Guna Ulang ke Aparat

Dalam perjalanan panjangnya selama lebih dari 53 tahun, dan bekerja sejak usia 15 tahun, Alim mengaku selalu menjaga kepercayaan dan tidak pernah ingkar janji. Itulah yang menjadi kunci suksesnya hingga hari ini.

Sejak usia 15 tahun, Alim Markus sudah berhenti sekolah karena membantu usaha ayahnya. Ia meninggalkan semua masa-masa remajanya untuk membantu sang ayah. Ia tak ingin ayahnya malu karena kalah saing dengan paman-pamannya.

Karena itulah, dari pukul 5 pagi sampai pukul 7 malam, selama 14 jam pabrik dibuka. Pabrik tersebut berlokasi di sebuah desa di Jawa. Jadi, jikalau buka lebih dari jam 7 malam, Alim mengaku batu-batu bisa 'melayang'.

Alim bercerita, bahwa ia tumbuh di sebuah kamar berukuran 3x4 bersama kedua orang tuanya beserta lima saudara.

"Saya betul-betul dari pengusaha kecil," ujar Alim.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini