Mengkhawatirkan, Kim Jong Un Bilang Situasi Pangan di Korut Menegang karena...

Mengkhawatirkan, Kim Jong Un Bilang Situasi Pangan di Korut Menegang karena... Kredit Foto: KCNA

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan ekonomi negaranya membaik tahun ini tetapi menyerukan langkah-langkah untuk mengatasi situasi pangan "tegang". Media pemerintah mengatakan pada Rabu (16/6/2021) kondisi itu disebabkan oleh pandemi virus corona dan topan tahun lalu.

Kim memimpin rapat pleno komite pusat Partai Buruh yang berkuasa pada Selasa (15/6/2021) untuk meninjau kemajuan kebijakan utama dan langkah-langkah kerajinan untuk menyelesaikan masalah ekonomi, menurut kantor berita resmi KCNA, dilansir Reuters, Rabu (16/6/2021).

Baca Juga: Ekonomi Babak Belur, Kim Jong-un Presentasikan Paket Kebijakan untuk Korut

Komite menetapkan tujuan dan tugas untuk mencapai rencana ekonomi lima tahun baru yang digariskan pada sesi sebelumnya di bulan Februari, termasuk peningkatan produksi makanan dan logam.

Kim mengatakan ekonomi secara keseluruhan telah meningkat pada paruh pertama tahun ini, dengan total produksi industri tumbuh 25% dari tahun sebelumnya, kata KCNA.

Tetapi ada "serangkaian penyimpangan" dalam upaya partai untuk melaksanakan rencana tersebut karena beberapa kendala, katanya, menyoroti persediaan makanan yang terbatas.

"Situasi pangan masyarakat sekarang semakin tegang karena sektor pertanian gagal memenuhi rencana produksi biji-bijian karena kerusakan akibat topan tahun lalu," kata Kim.

Partai berjanji untuk mengarahkan semua upaya pertanian tahun ini dan membahas cara-cara untuk mengatasi pandemi COVID-19, kata KCNA.

Kim menyerukan langkah-langkah untuk meminimalkan dampak bencana alam sebagai pelajaran dari tahun lalu dan kunci untuk mencapai tujuan tahun ini.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini