Mas Ganjar Pranowo Mirip Pak SBY Dulu, Ternyata Karena Ini...

Mas Ganjar Pranowo Mirip Pak SBY Dulu, Ternyata Karena Ini... Kredit Foto: Instagram/Ganjar Pranowo

Pengamat politik dari Universitas Andalas Asrinaldi membeberkan analisisnya tentang elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang saat ini semakin melejit.   

Baru-baru ini, hasil survei Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo menempati posisi teratas calon presiden 2024 pilihan milenial dan Gen Z.   

Baca Juga: Mas Anies, Mas AHY yang Legowo! Milenial Tanah Air Nggak Pilih Anda, Dihatinya Cuma Mas Ganjar

"Ini efek dari perilaku elite PDIP terhadap Ganjar yang secara politik dikesampingkan," kata Asrinaldi dikutip dari JPNN.com, Selasa (15/6).

Dosen Ilmu Politik Universitas Andalas itu menyebutkan tindakan Ganjar yang tidak merespons pernyataan-pernyataan para elite PDIP seperti Bambang Pacul itu membuat masyarakat simpati dengannya.     

Menurut Asrinaldi, sikap Ganjar sama seperti ketika Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang tidak menunjukkan perlawanan saat "berkonflik" dengan Megawati Soekarnoputri jelang Pilpres 2004.   

"Posisi Ganjar yang menerima dan tidak melawan. Sikap Ganjar yang santun, menunjukkan kerja, dan pandai menggunakan media itu berefek positif," lanjut pria bergelar doktor ilmu politik itu. 

Pria yang akrab disapa dengan Al itu menyebutkan, status Ganjar Pranowo yang merupakan kader partai membuat dirinya diuntungkan dibandingkan sosok Ridwan Kamil dan Anies Baswedan.     

"Posisi Ganjar yang memang kader tulen membawa efek positif," jelasnya. Meski demikian, Asrinaldi menjelaskan semua ini masih belum bisa dipastikan lantaran pemilihan orang nomor 1 di Indonesia itu masih lama.

Ia juga menyebutkan tidak tertutup kemungkinan elektabilitas Ganjar turun.   

"Kita tidak tahu setahun atau dua tahun ke depan elektabilitas Ganjar bisa turun," jelas Asrinaldi.   

Sebelumnya, Center for Political Communication Studies (CPCS) mengeluarkan hasil survei elektabilitas calon presiden pilihan milenial dan Gen Z.   

"Capres yang paling diunggulkan oleh pemilih milenial dan Gen Z bukan figur Prabowo yang biasanya paling difavoritkan secara umum, tetapi lebih condong pada Ganjar dan Ridwan Kamil," kata Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta SK, Selasa (15/6).

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini