Jack Ma Belum Muncul Juga, Bos Alibaba: Tolong Pisahkan antara Jack Ma dan Bisnis Kami

Jack Ma Belum Muncul Juga, Bos Alibaba: Tolong Pisahkan antara Jack Ma dan Bisnis Kami Kredit Foto: Republika

Konglomerat paling terkenal di China, Jack Ma, hingga kini masih menghindari sorotan media. Itu disampaikan langsung oleh Joe Tsai, salah satu pendiri Alibaba bersama Jack Ma. Meski demikian, Tsai masih terus berbicara dengan Jack Ma setiap harinya.

"Dia sebenarnya melakukannya dengan sangat, sangat baik. Dia menekuni melukis sebagai hobi, itu sebenarnya cukup bagus," kata Tsai yang dikutip dari BBC International di Jakarta, Rabu (16/6/21).

Ma telah lama absen usai melanggar regulator China pada bulan November 2020 lalu yang berujung pada penangguhan IPO Ant Group yang bernilai sekitar USD34,4 miliar (Rp490 triliun).

Baca Juga: Akhirnya! Prospek Fintech Jack Ma Mulai Cerah, China Diam-Diam Beri Langkah Besar!

Kritik Ma terhadap sektor keuangan China diyakini meresahkan otoritas negara. Karena itulah beberapa analis menilai langkah penangguhan IPO tersebut menjadi upaya Beijing untuk merendahkan sebuah perusahaan yang menjadi terlalu kuat dan seorang pemimpin yang telah menjadi terlalu blak-blakan.

Pada konferensi teknologi keuangan, Jack Ma menyamakan bank tradisional dengan "pegadaian". Secara gamblang Jack Ma memuji manfaat sistem perbankan digital, serta menekankan bahwa keputusan pinjaman di masa depan harus didasarkan pada data, bukan agunan.

Ant Group yang menjalankan sistem pembayaran online utama di China, Alipay, telah melampaui uang tunai, cek, dan kartu kredit. Alibaba yang memiliki sepertiga dari Ant Group, mengalami penurunan harga saham setelah penangguhan diumumkan.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini