Bos Maspion Alim Markus: Tidak Ada Formula untuk Jadi Orang Kaya, Semua Tergantung Ketekunan

Bos Maspion Alim Markus: Tidak Ada Formula untuk Jadi Orang Kaya, Semua Tergantung Ketekunan Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Pemilik Maspion, Alim Markus, membagikan kiat sukses agar produk Indonesia mampu dicintai. Dalam video YouTube bertajuk "Kiat Sukses Cintailah Produk Produk Indonesia - Alim Markus, co-Founder & CEO Maspion Group", Markus mengenang kembali pengalamannya mendirikan Maspion.

Saat itu tahun 1965, Markus bercerita bahwa ayah dan pamannya terpecah. Karena itulah, ia membantu bisnis ayahnya sejak masih remaja. Markus tak ingin ia dan ayahnya gagal. Meski putus sekolah, Markus tetap belajar sambil bekerja.

Baca Juga: 53 Tahun Jadi Pengusaha, Alim Markus Ungkap Pentingnya Menjaga Kepercayaan

Namun kini, Markus mengantongi berbagai short course di universitas ternama dunia di Singapura dan China. Setelah itu, Markus mengatur corporate culture. Markus mengatakan bahwa simbol Maspion adalah tiga daun. Daun yang pertama adalah Sumber Daya Manusia.

"Nothing is impossible. Satu orang pun bisa memimpin orang yang begitu banyak," ujar Markus.

Markus mengungkap bahwa ia membiarkan karyawannya melakukan kesalahan kecil, karena dengan itu akhirnya mereka belajar.

Lalu, daun yang kedua adalah membuat lingkungan yang bersih dan hijau. Termasuk orang-orang di Maspion, harus 'bersih' dari segala sesuatu. Terakhir, daun yang ketiga adalah hari ini harus lebih baik dari kemarin.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini