PDIP Lebih Sayang Puan Maharani, Pengamat: Jokowi Lebih Sayang Ganjar

PDIP Lebih Sayang Puan Maharani, Pengamat: Jokowi Lebih Sayang Ganjar Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi salah satu kandidat kuat pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun, keadaan itu disinyalir menjadi polemik dalam PDIP lantaran Puan Maharani turut digadang-gadang meramaikan pencalonan.

Peneliti dari Indonesia Political Opinion (IPO), Catur Nugroho, menilai bahwa polemik itu sebagai ujian PDIP pada pemilu mendatang.

Baca Juga: Dijagokan meski Lepas dari PDIP, Ganjar Pranowo Disebut Tak Bakal Berani Lari

"Masalah Ganjar ini justru, kan, menjadi ujian bagi PDIP apakah akan mengulangi sukses di dua kali pilpres," ujar Catur kepada GenPI.co, Selasa (15/6/2021).

Menurut dia, PDIP bisa kembali mengusung tokoh populer dari kalangan masyarakat. Selain itu, menarik bila PDIP akan mengangkat Puan Maharani sebagai calon presiden (capres) 2024.

"Bisa saja PDIP akan mencoba mengembalikan trah Soekarno maju pada pemilihan mendatang," jelasnya.

Kendati demikian, Catur beranggapan bahwa Ganjar Pranowo memiliki peluang lebih besar daripada Puan Maharani. Sebab, Presiden Jokowi sebagai petugas partai PDIP disinyalir mendukung Ganjar sebagai suksesinya pada 2024.

Peluang itu terkuak usai Jokowi diketahui bertemu dengan Ganjar Pranowo saat pengukuhan Megawati sebagai Profesor Kehormatan dari Universitas Pertahanan. "Pak Jokowi seperti lebih sayang Mas Ganjar daripada Mbak Puan, jika melihat dari peristiwa itu," imbuhnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini