Kisah Sukses Agwan Mblitar Mengembangkan Networking

Kisah Sukses Agwan Mblitar Mengembangkan Networking Kredit Foto:

Sebagai seorang pebisnis sejati sudah semestinya memahami bahwa networking merupakan hal yang sangat penting untuk terus dikembangkan. Karena dengan networking yang luas dapat membuat kegiatan bisnis menjadi semakin mudah.

Menurut para pakar bisnis, networking memegang peranan yang sangat vital, bahkan mencapai skor persentase diatas 60 persen. Pada kenyataan di lapangan memang seperti itu, banyak bukti yang bisa kita pelajari.

Banyak contoh dimana semakin besar sebuah bisnis maka semakin besar pula network mereka. Seperti Agwan Mblitar atau Agus Wawan, pengusaha asal kota Blitar yang sukses, dibalik kesuksesannya ternyata rahasia yang ia miliki adalah mengembangkan networking pertemanan hingga partner bisnis.

Agwan Mblitar memiliki networking mulai dari pejabat hingga kalangan artis seperti Aburizal Bakrie dan Boy William. Menurut Agwan Mblitar untuk bisnis diperlukan networking yang kuat karena hal tersebut sangat penting dalam pengembangan bisnis kedepannya.

Saat dihubungi Agwan Mblitar memberikan keuntungan-keuntungan ketika memiliki networking yang luas. Menurutnya, networking membuat pengembangan bisnis semakin cepat.

“Pengalaman saya setelah berteman baik dengan banyak orang, alhamdulillah bisnis saya semakin cepat berkembang. Benar kata orang banyak teman banyak rezeki," katanya.

Selain itu, kolaborasi menjadi modal penting untuk bisnis. Sekarang eranya kolaborasi, kita tidak bisa melakukan bisnis sendirian. Dengan kolaborasi kita bisa berkembang bersama dan sukses bersama. Selain itu kolaborasi juga saling melengkapi kemampuan satu sama lain.

Agwan Mblitar juga menyebutkan bahwa kunci dari networking adalah bersikap baik kepada orang baru dan tidak sombong serta arogan. Kita harus baik kepada siapapun itu, karena kita tidak tahu ia siapa sebenarnya atau bisa menjadi seseorang yang besar di masa depan. 

"Maka dari itu saya tidak pernah milih-milih teman serta saya juga menghindari yang namanya sifat sombong dan arogan karena sebesar apapun diri kita tetap harus rendah hati dan balik lagi harus baik ke semua orang siapapun itu,” tutup pemilik akun @agwan_mblitar ini.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini