Erdogan Terang-terangan Bersedia Lakukan Pengorbanan buat Perdamaian Regional

Erdogan Terang-terangan Bersedia Lakukan Pengorbanan buat Perdamaian Regional Kredit Foto: Instagram/Recep Tayyip Erdogan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Selasa mengatakan dia menggantungkan harapan untuk perdamaian regional pada platform enam negara yang terdiri dari Turki, Rusia, Iran, Azerbaijan, Georgia, dan Armenia. Erdogan tiba di Azerbaijan pada Selasa dalam sebuah kunjungan resmi.

"Kami bersedia untuk membuat segala macam pengorbanan. Tuan Putin juga. Dengan langkah-langkah yang akan diambil dalam hal ini, wilayah akan menjadi zona damai," ungkap Erdogan dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev di Kota Shusha, Azerbaijan.

Baca Juga: Di Hadapan Erdogan, Biden Bilang "Pertemuan Hanya Satu Lawan Satu"

Erdogan mengatakan bahwa Karabakh akan mendapatkan kembali kejayaan dan identitas dirinya dan tidak ada keraguan tentang hal itu. Presiden juga mengatakan bahwa Turki selalu memberikan kontribusi kepada Azerbaijan dalam semua jenis kegiatan rekonstruksi seperti dalam perjuangannya untuk kebebasan.

Erdogan mengingatkan bahwa setelah gencatan senjata Nagorno-Karabakh, peluang kerja sama baru telah muncul untuk semua pihak di kawasan.

“Sebagai Turki, kami juga ingin mengarahkan hubungan bertetangga geografis kami menuju kerja sama yang lebih dalam. Kami berharap Armenia akan mengulurkan tangan dalam solidaritas, mengambil kesempatan untuk membentuk masa depan bersama," ujar dia.

Erdogan mengatakan Turki berencana membuka konsulat jenderal di Kota Shusha yang baru saja dibebaskan sesegera mungkin. Dia juga mengatakan bahwa pertemuan Dewan Kerja Sama Strategis Tingkat Tinggi akan diadakan di Turki.

"Kami melanjutkan langkah demi langkah menuju tujuan kami untuk memperluas volume perdagangan kami menjadi USD15 miliar pada 2023," imbuh dia.

Erdogan mencatat bahwa mereka akan semakin memperluas ruang lingkup kerja sama komersial dan ekonomi bilateral. Turki menganggap Proyek Koridor Zangezur Azerbaijan penting dan menyatakan dukungan untuk proyek itu.

"Dengan mempraktikkan proyek ini, koridor tengah baru akan dibuka sehingga setiap orang dapat memperoleh manfaat dari timur ke barat; ini sangat penting," tambah dia.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini