Sang Kapal Ilahi Milik China Antarkan 3 Astronautnya ke Luar Angkasa

Sang Kapal Ilahi Milik China Antarkan 3 Astronautnya ke Luar Angkasa Kredit Foto: AFP/Greg Baker

China telah berhasil meluncurkan Shenzhou-12 –misi berawak pertamanya dalam lima tahun. Ini menandakan China semakin mempercepat program luar angkasanya untuk menyaingi Amerika Serikat (AS).

Shenzhou-12, yang berarti "Kapal Ilahi", lepas landas sekitar pukul 01:22 GMT pada Kamis (17/6/2021) dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di barat laut China, menurut siaran video langsung di televisi pemerintah, CCTV.

Baca Juga: Tepis Semua Isu, China Tekankan Pembangkit Nuklirnya Aman dari Segala...

2021-06-16T231757Z_1601156761_RC2Y1O9IX53L_RTRMADP_3_SPACE-EXPLORATION-CHINA-SHENZHOU.jpg?w=770&resize=770%2C513

Peluncuran dilakukan dengan roket pembawa Long March-2F. Pesawat ruang angkasa membawa tiga astronot laki-laki yakni Nie Haisheng, Liu Boming dan Tang Hongbo.

Dalam video langsung CCTV, dua dari tiga astronot membuat gerakan tangan "OK" ketika Shenzhou melintasi atmosfer Bumi dan setelah pemisahan kritis dari empat pendorong.

“Penerbangan itu sangat mulus,” kata Chen Shanguang, wakil direktur program luar angkasa berawak China, seperti dikutip oleh laporan-laporan berita. “Ini adalah langkah pertama. Ada banyak tantangan di depan.”

Setelah memasuki orbit, pesawat ruang angkasa akan melakukan "pertemuan dan docking otomatis yang cepat dengan modul inti stasiun ruang angkasa Tianhe", menurut CCTV.

Para astronot akan ditempatkan di modul inti dan tetap berada di orbit selama tiga bulan.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini