Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2021, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diperkirakan 4,4%

2021, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diperkirakan 4,4% Kredit Foto: Unsplash/ Afif Kusuma
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Dunia (World Bank) menilai ekonomi Indonesia perlahan pulih bahkan bangkit dari resesi yang terjadi pada tahun lalu.

Dalam laporan Indonesia Economic Prospects (IEP) edisi Juni 2021 yang berjudul Boosting The Recovery, World Bank memproyeksikan ekonomi Indonesia tumbuh positif 4,4% pada 2021 dan 5% pada 2022.

Baca Juga: Menteri Johnny: Implementasi 5G Perkuat Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Perekonomian diperkirakan akan mulai pulih pada 2021 dan secara bertahap menguat pada 2022,”Kata Direktur Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen pada Kamis (17/6/2021).

Bank Dunia mengatakan pertumbuhan tahun ini didorong oleh pulihnya permintaan domestik serta  dampak positif dari ekonomi global yang menguat.

Meskipun pertumbuhan konsumsi dan investasi melambat selama kuartal pertama tahun 2021, sentimen konsumen dan penjualan ritel mulai membaik pada kuartal kedua menunjukkan momentum pertumbuhan yang lebih kuat. Namun, ketidakpastian terkait pandemi tetap tinggi karena risiko penularan virus yang lebih tinggi,” tambahnya.

Bank Dunia juga juga menyoroti peran penting bantuan sosial yang memadai dalam upaya mengurangi risiko terkait kemiskinan yang meningkat. Terungkap bahwa dengan dipertahankannya paket bantuan sosial seperti pada tahun 2020 pada 2021 berpotensi menjaga 4,7 juta orang Indonesia tetap berada di luar kemiskinan.

“Indonesia telah mengurangi tingkat kemiskinan melalui penciptaan lapangan kerja dan peningkatan upah tenaga kerja selama satu dekade terakhir. Tahap selanjutnya adalah menciptakan lapangan kerja kelas menengah yang lebih produktif, memperoleh upah yang lebih tinggi, dan memberikan manfaat sosial,” kata Habib Rab, Ekonom Utama Bank Dunia untuk Indonesia.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: