Mainan Buatan Milik MNC Grup Laris Manis Hingga Terjual 1 Juta Unit

Mainan Buatan Milik MNC Grup Laris Manis Hingga Terjual 1 Juta Unit Kredit Foto: MNC Studio

PT MNC Studios International Tbk (MSIN), melalui unit bisnisnya MNC Licensing, meluncurkan mainan Bima S dan langsung laku terjual 1 juta mainan. Peluncuran mainan Bima S menggebrak sebagai karya anak bangsa yang mengedepankan konsepBangga Buatan Indonesia, end-to-end local, dimana merupakan mainan 100% buatan Indonesia, diproduksi di dalam negeri dan diangkat dari kekayaan intelektual (intellectual property/IP) animasi superhero Indonesia pertama dengan format animasi 3D berstandar kualitas internasional, Bima S.

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan bermula dari serial live action Bima Satria Garuda Series yang pernah tayang di RCTI 7 tahun lalu, unit bisnis MSIN, yaitu MNC Animation mengadaptasi serial tersebut ke dalam format animasi 3D. Saat ini, animasi 3D Bima S itu tayang di RCTI setiap Hari Minggu Pukul 10.00 serta menjadi tayangan favorit yang ditonton jutaan pemirsa Indonesia.

"Sekarang, IP Bima S itu dimanfaatkan untuk menjadi mainan. Pada semester II tahun ini akan diluncurkan juga karakternya di theme park Lido. Ini merupakan buatan lokal. Bangga buatan Indonesia," jelasnya, pada perhelatan Toys Launch BIMA S, di Studi RCTI+, Jakarta, Rabu, (16/6/2021).

Baca Juga: Angkat Kisah Para Youtuber, MNC Vision Networks Garap Docuseries

Tak pelak, Executive Chairwoman MNC Group Liliana Tanoesoedibjo bersyukur animasi Bima S bisa diproduksi menjadi mainan. "Ini sangat membanggakan, karena ini merupakan IP lokal pertama yang dibuat mainan," kata Liliana.

Dalam produksi mainan Bima S, MSIN --melalui MNC Licensing-- bekerja sama dengan pabrik mainan PT Royal Kreasi Cemerlang. "Sangat luar biasa sekali. Pre-launch melampaui ekspektasi. Saya ada kabar gembira sejak mengambil pesanan Pre-Launch dari Mei sampai Juni ini, kita sudah dapat pesanan 1 juta pieces," kata CEO PT Royal Kreasi Cemerlang Stephen Sutjiadi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno menilai Bima merupakan ikon kebanggaan Indonesia dan menjadi harapan baru bagi ekosistem ekonomi kreatif. "Ini menjadi satu semangat baru, agar nanti juga bisa menembus pasar internasional dan menggerakkan ekonomi bangsa. Produk karya bangsa yang merupakan bagian dari kontribusi ekonomi kreatif," tutur Sandiaga.

Baca Juga: Industri Game Makin Menjanjikan, MNC Studios Gandeng Developer E-Sport Korea Selatan

Gati Wibawaningsih, Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian RI, mengapresiasi produksi mainan dalam negeri tersebut.

"Kemampuan industri mainan anak di dalam negeri itu memang tidak kalah dari luar negeri," kata Gati.

Peluncuran mainan Bima S karya anak bangsa ini ditandai dengan pelepasan pendistribusian pertama mainan seri BIMA S dihadiri oleh Sandiaga Uno, Gati Wibawaningsih, dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini