Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Corporate Communication?

Apa Itu Corporate Communication? Kredit Foto: Reuters/Stephen Lam
Warta Ekonomi, Jakarta -

Rata-rata karyawan menghabiskan 50-80% dari hari kerja mereka untuk berkomunikasi dengan orang lain sehingga tidak diragukan lagi bahwa komunikasi sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Itu sebabnya psikolog menggembar-gemborkan pentingnya memiliki gaya komunikasi yang efektif, baik dalam hubungan pribadi maupun profesional.

Meskipun cukup mudah bagi manusia untuk berkomunikasi satu lawan satu, terkadang kita juga perlu mengomunikasikan pesan penting di antara sekelompok orang. Salah satu bentuk komunikasi massa tersebut adalah corporate communication.

Baca Juga: Apa Itu Marketing Communication?

Mengenal Apa Itu Corporate Communication

Corporate communication adalah persepsi perusahaan dengan menciptakan identitas brand dan menjaga komunikasi dengan masyarakat umum. Tim komunikasi perusahaan akan membangun citra perusahaan, berkomunikasi dengan audiens internal dan eksternal untuk mempertahankan reputasi positif di industri tersebut, serta menjembatani kesenjangan antara karyawan dan tim manajemen.

Strategi corporate communication dapat dilakukan dengan banyak cara, biasanya terdiri dari metode tertulis (situs web, siaran pers, memo), lisan (wawancara, video, konferensi pers), dan visual (foto, infografis, ilustrasi).

Untuk membangun identitas brand yang kuat, komunikasi internal dan eksternal perlu diselaraskan.

Apa itu Komunikasi Internal?

Komunikasi Internal berfokus pada pesan dan berbagi informasi dalam sebuah perusahaan. Ini meliputi komunikasi dari eksekutif ke karyawan atau pesan antardepartemen. Contoh komunikasi internal meliputi:

- Buletin internal;

- Rapat tim;

- Alat riset manajemen.

Apa itu Komunikasi Eksternal?

Komunikasi Eksternal berfokus pada branding dan pesan perusahaan kepada audiens luar. Saat ini, bukan hanya liputan pers saja, tetapi juga media sosial yang bisa mendorong pesan perusahaan. Contoh komunikasi eksternal meliputi:

- Pesan media sosial;

- Konferensi pers;

- Periklanan.

Bagaimana Corporate Communication Dapat Bekerja?

Ada banyak cara untuk menggunakan corporate communication berhasil di organisasi Anda. Berikut adalah beberapa cara tim komunikasi untuk membangun program corporate communication yang kuat.

Brand awareness (Identitas Perusahaan): Membangun reputasi perusahaan menetapkan mereka sebagai identitas rumah tangga atau tempat kerja dan menarik perhatian audiens. Branding mendefinisikan siapa perusahaan itu, apa yang mereka lakukan, apa saja produk mereka, dan apa artinya bagi publik. Ini merupakan tugas tim corporate communication untuk menciptakan pesan yang menguntungkan untuk brand agar bisa memiliki reputasi yang baik, tidak hanya secara internal, tetapi juga secara eksternal.

Kredibilitas brand (Reputasi Perusahaan): Identitas adalah apa yang membedakan organisasi Anda dari yang lain dan juga berfungsi untuk menentukan reputasi. Kredibilitas brand didasarkan pada kepercayaan dan keahlian yang dijanjikan perusahaan berdasarkan penggunaan produk mereka. Departemen corporate commincation harus bisa menyusun citra untuk mewakili apa yang penting bagi fungsi korporat tersebut.

Keterlibatan karyawan: Keterlibatan internal dari atas ke bawah sangat penting dalam keberhasilan organisasi mana pun. Karyawan adalah brand ambassador yang bisa menerapkanĀ  komunikasi eksternal dalam jangkauan sosial mereka. Menyediakan karyawan dengan alat dan konten yang tepat untuk dibagikan sangat penting dan sering kali dapat berdampak langsung pada pertumbuhan keuangan perusahaan.

Produktivitas karyawan: Makin produktif orang-orang Anda, makin tinggi pendapatan yang Anda hasilkan dan makin rendah biayanya pula.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: