Pengamat Blak-blakan, Di Pilpres 2024 Pak Jokowi Bisa Jadi King Maker

Pengamat Blak-blakan, Di Pilpres 2024 Pak Jokowi Bisa Jadi King Maker Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Analis Politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, menilai yang layak disebut king maker Pilpres 2024 bukan hanya Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto. Menurutnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya kepentingan untuk menjadi king maker pada Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga: Sebut Jokowi-Prabowo Tokoh Terkuat, M Qodari Buka-bukaan soal Jokpro

"Karena apa, Jokowi belajar dari SBY. Kalau dia tidak punya saham 30 persen terhadap republik ini kedepan, maka semua kebaikan beliau, semua capaian beliau dianggap tidak ada. Kenapa tidak ada, karena kan nggak ada investasi di situ sehingga semua menjadi jelek semua di depan," kata Pangi kepada Republika.co.id, Sabtu (18/6). 

 Baca Juga: Sebut Jokowi-Prabowo Tokoh Terkuat, M Qodari Buka-bukaan soal Jokpro

Meskipun Jokowi bukan ketua umum partai, namun Jokowi punya basis relawan yang cukup besar yang dinilai bisa menguntungkan siapapun calon presiden yang akan ia dukung. Namun ia menduga Jokowi akan memutuskan di menit-menit akhir jelang pilpres.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini