Bergidik! BUMN di Mata Rocky Gerung: Bonyok, Bangkrut, dan...

Bergidik! BUMN di Mata Rocky Gerung: Bonyok, Bangkrut, dan... Kredit Foto: Instagram/Rocky Gerung

Pengamat politik, Rocky Gerung, menilai bahwa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah aset bangsa, bukan punya negara. Pasalnya, bangsa itu berkaitan dengan sejarah dan negara hanya persoalan teknis saja.

"Negara ini bisa bubar, tapi bangsanya tetap," ujarnya dalam video di kanal YouTube Refly Harun, Jumat (18/6/2021).

Baca Juga: Saran Ruhut PDIP untuk Rocky Gerung Dalem Bos: Sudahlah, Kembali ke Jalan yang Benar...

Rocky mengatakan bahwa di dalam BUMN itu tersimpan nilai-nilai keadilan. "Menganalisis BUMN itu harus lewat paham ekonomi politik. Jadi, tidak bisa BUMN dijelaskan secara teknis," katanya.

Akademisi itu memaparkan bahwa jika BUMN dijelaskan hanya secara teknis, maka orang tersebut hanya bisa melihat pohon, bukan hutan.

"Anda cuma bisa menerangkan pohon-pohon, padahal kita mau lihat hutan BUMN itu dari kacamata ekonomi politik dan konstitusi," paparnya.

Lebih lanjut, filsuf itu menilai bahwa BUMN mengalami 3B, yaitu bonyok, bangkrut, dan bego. "Publik itu masih ingin melihat forum yang membahas bahwa BUMN masih bisa diperbaiki, tapi bukan dengan keterangan-keterangan akuntansi, status hukum, dan prospek ke depan," ungkapnya.

Rocky menegaskan bahwa keadaan BUMN saat ini adalah sinyal dari kebobrokan negara. 

"Nah, negara itu ada kepalanya, tanyalah pada kepala negara kenapa BUMN pada era ini malah mengalami pembusukan," tuturnya. 

Baca Juga: Satu Tahun Jadi Juru Bicara: Ini Bukan tentang Angka

Baca Juga: Ahli Virologi dan Molekuler Biologi: Semua Vaksin Covid-19 Aman dan Sudah Diuji

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini