Positif Covid-19, Wiku Adisasmito: Terpapar saat Daya Tahan Tubuh Menurun

Positif Covid-19, Wiku Adisasmito: Terpapar saat Daya Tahan Tubuh Menurun Kredit Foto: Instagram/Wiku Adisasmito

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengonfirmasi dirinya terjangkit virus Corona dan dinyatakan positif berdasarkan hasil swab antigen dan PCR. Wiku menduga dirinya terjangkit virus Covid-19 setelah melakukan sejumlah aktivitas yang padat dalam dua pekan terakhir.

"Seperti yang diketahui, dalam beberapa minggu terakhir, saya melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 cukup tinggi, seperti Kudus dan Bangkalan,” tutur Wiku dalam siaran pers, Sabtu (19/6/2021). Baca Juga: Wiku Adisasmito Positif Covid-19, Serukan Disiplin Protokol Kesehatan

Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 itu menyatakan dirinya melakukan swab antigen dan hasilnya positif pada Jumat (18/6/2021). Setelah itu, Wiku melakukan swab PCR. "Dan hasilnya saya terima hari ini yaitu positif Covid-19," kata dia. Baca Juga: Studi Terbaru Ungkap Keunggulan Vaksin BioNTech vs Sinovac, Siapa Unggul?

Wiku memperkirakan tertular Covid-19 saat melakukan kunjungan ke sejumlah daerah. Dia juga menekankan sudah melakukan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. 

“Terdapat kemungkinan saya terpapar saat melakukan kegiatan tersebut saat daya tahan tubuh mengalami penurunan karena kelelahan,” tuturnya.

Meski demikian, Wiku mengaku tidak mengalami penurunan mengenai kondisi fisiknya. Dia juga optimistis dirinya dapat segera sembuh. Sebagai bagian dari protokol kesehatan, Wiku telah meminta kepada mereka yang memiliki kontak erat dengan dirinya untuk melakukan test antigen sebagai upaya testing dan tracing.

“Saya juga meminta kepada masyarakat untuk secara disiplin mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,“ kata dia. 

Wiku juga mengingatkan, siapa pun bisa tertular Covid-19. Namun, hanya dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan, maka masyarakat dapat mencegah diri dari penularan Covid-19.

“Terakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh tim Satgas Penanganan Covid-19, BNPB, KPC-PEN, dan rekan-rekan media. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari pandemi Covid-19,” pungkas Wiku.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di JPNN Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini