Celetukan Nyelekit Rocky Gerung Soal Wacana Jokowi Tiga Periode: Hanya Ide Konyol!

Celetukan Nyelekit Rocky Gerung Soal Wacana Jokowi Tiga Periode: Hanya Ide Konyol! Kredit Foto: Instagram/Rocky Gerung

Wacana masa jabatan tiga periode kembali muncul seiring peresmian sekretariat Komunitas Jokowi-Prabowo atau Jok-Pro 2024 pada Sabtu (19/6). Sejumlah pihak kemudian lantang menentang wacana tersebut karena melanggar konstitusi.

Menurut pakar politik Rocky Gerung, usulan jabatan presiden tiga periode itu ulah oligarki yang berada di balik punggung kekuasaan saat ini.

Pencetus gagasan Jokowi tiga periode, kata Rocky, mungkin tidak paham telah menjadi kepanjangan tangan kepentingan oligarki. 

Baca Juga: Duet Jokowi-Prabowo Mencuat, Rocky Gerung: Itu Namanya Menampar Dua Muka

"212 persen, tiga periode ini kepentingan oligarki," kata Rocky Gerung di kanal YouTube pribadinya, Minggu (20/6). 

Dia menambahkan, wacana masa jabatan presiden tiga periode adalah ide yang konyol bagi partai kecil. Berbeda dengan partai politik yang besar karena mereka lebih oportunis. 

"Partai besar lebih oportunis, tergantung akan dapat apa nantinya," ucapnya.

Baca Juga: Buntut Benci Jokowi, Rocky Gerung Disekolahin Dosen UI: Kepintarannya Sirna, Gak Tau Kemana

Presiden Jokowi melalui jubirnya Fadjroel Rachman menyatakan menolak wacana perpanjangan masa jabatan menjadi tiga periode. Jokowi mengaku tetap memegang amanat konstitusi.

Fadjroel juga menyebut Jokowi telah beberapa kali menolak wacana presiden tiga periode.

Namun, Rocky menyatakan bila konstitusi berubah, bisa jadi pendapat Jokowi tentang itu juga akan berbeda. "Pak Jokowi memang berpikir itu melanggar konstitusi, tetapi kalau konstitusinya berubah, dia akan bicara sebaliknya," tegasnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di JPNN Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini