Perluas Akses Permodalan, BRI Agro Putuskan untuk Gandeng Koinworks

Perluas Akses Permodalan, BRI Agro Putuskan untuk Gandeng Koinworks Kredit Foto: BRI Agro

Dalam rangka menunjang pertumbuhan ekosistem digital sektor keuangan dan perbankan, BRI Agro kembali menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan salah satu Aplikasi teknologi finansial yang sedang berkembang di Indonesia yaitu KoinWorks

Perjanjian kerja sama ini dilaksanakan secara online dan ditandatangani oleh Sigit Murtiyoso selaku Direktur Retail Agri & Pendanaan BRI Agro dan Benedicto Haryono selaku CEO dan Co-Founder KoinWorks. Penandatanganan ini juga dihadiri oleh Kaspar Situmorang selaku Direktur Utama BRI Agro dan Bhimo Wikan Hantoro selaku Direktur Digital Bisnis BRI Agro, Mark Bruny selaku CFO KoinWorks dan Jonatan Bryan selaku CMO KoinWorks.

Kolaborasi antara BRI Agro dengan KoinWorks menjadi salah satu strategi BRI Agro sebagai House Of Fintech and Home of Gig Economy untuk memperluas akses permodalan, khususnya kepada masyarakat dari berbagai sektor bisnis. 

Baca Juga: Bangun Ekosistem Digital Pertanian, BRI Agro, Telkom, iGrow, dan Kedai Sayur Bikin Kolaborasi

“Tujuan kami sebagai House of Fintech and Home for Gig Economy karena kami ingin melayani pekerja sektor informal atau yang disebut Gig Economy Workers termasuk UMKM. Caranya adalah kolaborasi dengan Fintech untuk dapat menghasilkan data yang akurat untuk digital lending” ungkap Sigit Murtiyoso Direktur Retail Agri & Pendanaan BRI Agro, dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu (20/6/2021). 

Kerjasama dengan fintech lending merupakan langkah BRI Agro dalam menjadi House Of Fintech dimana saat ini fintech dan perbankan dapat saling berkolaborasi dalam membantu

pertumbuhan ekonomi nasional. Kerjasama yang telah dilakukan BRI Agro selama ini dengan beberapa fintech yang ada di Indonesia telah menunjukkan hasil yang positif. 

“Hingga Mei 2021 kami telah menyalurkan sebesar Rp 348 Miliar melalui platform digital. Untuk itu BRI Agro terus memperluas jangkauan kerja sama termasuk dengan KoinWorks. Kami memilih fintech untuk mengembangkan bisnis untuk menjadi digital attacker sesuai dengan aspirasi BRI Group,” ungkap Sigit.

Baca Juga: Fokus ke Pinjaman Digital untuk Pembiayaan KPR, Hingga Maret BRI Agro Sudah Salurkan Rp101,82 Miliar

CEO KoinWorks Benedicto Haryono, mengatakan jika pihaknya menyambut inisiatif yang dijalankan BRI Agro dengan full support karena sesuai dengan misi kami yaitu memberikan demokrasi layanan keuangan kepada semua lapisan masyarakat.

“Bersama-sama kami membuka peluang yang lebih besar kepada pelaku Gig Economy, karena kami sudah membantu ratusan ribu Gig Economy yang bangkit dan berkembang 300-400% dengan akses finansial yang tepat. Maka dari itu kami mengajak masyarakat Gig Economy untuk bisa ikut berpartisipasi bersama dengan KoinWorks dan BRI Agro,” ucapnya. 

BRI Agro akan menyalurkan kredit melalui digital platform dengan perannya sebagai pendana melalui penandatanganan kerjasama dengan KoinWorks “Kami sangat optimis bahwa kerja sama dengan KoinWorks akan memberikan kontribusi bagi para masyarakat serta para pelaku Gig Economy. Karena pelaku Gig Economy ini adalah salah satu pilar pertumbuhan pemulihan ekonomi di Indonesia. Selain itu juga Gig Economy workers adalah perwujudan UMKM baru yang penyaluran kreditnya dilakukan secara digital berbasis data,” jelas Sigit.

Baca Juga: BRI Agro Kolaborasi dengan eFishery Fasilitasi Layanan Perbankan untuk Budidaya Perikanan

“KoinWorks sudah berkecimpung di dunia Digital UKM sejak 2016, ini adalah DNA kami. Track record kami yang sangat baik dengan tingkat gagal bayar yang rendah (NPL<1.5%) untuk layanan Pinjaman Bisnis tanpa Agunan, KoinBisnis yang diperkuat Credit Assessment Machine Learning berbasis Real Data Integration bekerjasama dengan berbagai platform di Indonesia." tambah Benedicto Haryono.

“Kolaborasi ini merupakan akselerasi transformasi digital dan dukungan BRI Agro sebagai institusi perbankan terhadap ekosistem digital. Untuk terus mendukung pelaku Gig Economy

workers di Indonesia, BRI Agro berharap dapat memperluas kolaborasi dengan penyelenggara teknologi finansial dan mewujudkan visi BRI Agro To be The Best Digital Bank for Agri and Beyond by becoming House of fintech and Home for Gig Economy,” tutup Sigit.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini